Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pelatih Baru Inggris Tak Bisa Berhenti 'Nyengir'

By Ade Jayadireja - Sabtu, 23 Juli 2016 | 18:19 WIB
Sam Allardyce saat mendampingi Sunderland dalam laga Premier League kontra Everton, 11 Mei 2016 (IAN MACNICOL/GETTY IMAGES )

Raut bahagia terpancar dari wajah Sam Allardyce usai ditunjuk sebagai manajer baru timnas Inggris. Pria berumur 61 tahun itu bahkan tak bisa berhenti tersenyum karena terlalu girang.  

Penunjukkan Allardyce terjadi pada Jumat (22/7/2016). Ia menggantikan posisi Roy Hodgson yang mengundurkan diri usai kegagalan di Piala Eropa 2016.

Bagi Allardyce, menjadi pelatih dari negara kelahirannya adalah impian yang menjadi nyata. Saat berbicara untuk saluran televisi Federasi Sepak Bola Inggris (FA), ia terus tersenyum di depan kamera.

"Maaf, saya tidak bisa berhenti senyum karena berhasil mendapatkan pekerjaan ini," kata eks pelatih Sunderland itu.

Baca juga:

"Pekerjaan ini sudah saya nantikan selama bertahun-tahun. Saya benar-benar bahagia bisa menjadi pelatih Inggris," ujar Allardyce.

Lebih lanjut, Allardyce mengungkapkan satu misinya bersama tim Tiga Singa.

"Akan menjadi sebuah tantangan besar bagi saya untuk memajukan timnas. Semoga rakyat Inggris bisa kembali bangga dengan tim mereka," ucap Allardyce.

Sejak memulai karier kepelatihan pada 1991, baru kali ini Allardyce menangani sebuah timnas. Sebelumnya, ia hanya membesut klub.

Total ada 9 tim yang pernah dilatih Allardyce. Ia pun berada di urutan ke-4 juru taktik yang paling banyak melakoni pertandingan Premier League dengan catatan 467 laga.