Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klopp: Banyak Klub Besar yang Inginkan Klavan

By Verdi Hendrawan - Kamis, 21 Juli 2016 | 06:47 WIB
Bek Augsburg, Ragnar Klavan (kanan), berduel dengan bek Herta Berlin, Vladimir Daridadalam pertandingan Bundesliga 2015-2016 in Olympiastadion, Berlin, Jerman, pada 3 Januari 2016. (JOHN MACDOUGALL/AFP)

Banyak pihak yang tidak mengerti dengan keputusan Manajer Liverpool, Juergen Klopp, mendatangkan bek berusia 30 tahun dari Augsburg, Ragnar Klavan. Namun, Klopp justru mengatakan bahwa banyak klub-klub besar yang mengincar kapten tim nasional Estonia itu.

Liverpool memboyong Klavan dari Augsburg seharga 4,2 juta pounds (Rp 72,7 miliar). Di posisi bek tengah, The Reds sebelumnya telah memboyong Joel Matip dari Schalke secara bebas transfer.

Klopp mengaku bahwa rencana memboyong Klavan sudah ada sejak musim 2015-2016 berakhir. Klavan adalah salah satu sosok yang disukai manajer berusia 49 tahun itu sejak masih menangani Borussia Dortmund.


Kenal Lebih Dekat Ragnar Klavan.(ANDREAS JOEVI/JUARA.net)

"Pada akhir musim lalu saya tahu bahwa jika kami memutuskan untuk mendatangkan seseorang di posisi bek tengah. Ia adalah salah satu pilihan yang saya inginkan," kata Klopp situs resmi klub.

"Saya telah melihat seberapa baik ia bermain selama tiga musim di Jerman. Musim lalu, kami juga sempat memiliki kesempatan melihat dirinya tampil melawan kami di Liga Europa melawan Augsburg," tuturnya.

Baca Juga:

Klopp pun mengaku pernah memiliki pengalaman melihat Dortmund yang ia tangani kesulitan menghadapi Augsburg. Salah satu penyebabnya adalah penampilan Klavan.

"Terakhir kali ia bermain melawan saya di Dortmund, mereka bertahan dengan 10 orang dan Klavan bermain dengan sangat baik untuk membantu tim meraih clean sheet dan menang," ujar Klopp.

Klopp pun mengaku bahwa tidak mudah bagi Liverpool untuk memboyong Klavan. Klopp mengatakan bahwa The Reds harus mengalahkan beberapa pesaing besar untuk memastikan tanda tangan sang pemain.