Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Sumsel Kirim 'Master Plan' Sirkuit MotoGP ke Kemenpora

By Noverta Salyadi - Selasa, 19 Juli 2016 | 18:42 WIB
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin yang juga Ketua KONI Sumsel, memperlihatkan masterplan kawasan Jakabaring Sport City Palembang kepada pengurus OCA pada saat kunjungan ke Palembang Januari 2016 lalu. Di kawasan ini juga rencananya akan dibangun Sirkuit Moto GP (NOVERTA SALYADI/JUARA.net)

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel) akhirnya mengirimkan master plan Sirkuit MotoGP, Senin (18/7/2016) kepada pemerintah pusat.

Pengiriman master plan ini lebih cepat dari waktu yang ditentukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yakni Januari 2017.

"Kami telah mengirim master plan sirkuit MotoGP tadi pagi kepada pemerintah pusat," kata Ketua KONI Sumsel Alex Noerdin, di hotel Arya Duta Palembang, Senin (18/7/2016).

Master plan ini merupakan kelanjutan dari penandatanganan kesediaan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP dan akan dilanjutkan dengan keputusan presiden (keppres) sebagai landasan hukumnya.

Pemprov Sumsel telah menyiapkan lahan seluas 120 hektar di kawasan Jakabaring Sport City.

Baca Juga:

Dana untuk pembangunan Sirkuit MotoGP ini rencananya melalui pihak ketiga tanpa menggunakan dana APBD maupun APBN.

Alex yang juga gubernur Sumsel sebelumnya telah merencanakan pembangunan sirkuit untuk MotoGP sejak awal 2016 yang proses pengerjaannya selesai dalam waktu setahun.

Desain sirkuit akan mengadaptasi Hungaroring yang menyusuri danau.

"Sirkuit MotoGP di Kawasan Jakabaring Sport City ini bisa menjadi sirkuit terindah yang dimiliki Indonesia," ujar Alex.

Alex menjelaskan pembangunan sirkuit untuk MotoGP yang berdekatan dengan penyelenggaraan Asian Games 2018 akan berdampak positif bagi Sumsel untuk meningkatkan perekonomian daerah.