Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Klopp Lebih Pentingkan Semangat Tim Ketimbang Pemain Bintang

By Lariza Oky Adisty - Minggu, 17 Juli 2016 | 08:15 WIB
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp memeluk pelatih Sevilla, Unai Emery seusai pertandingan kedua tim pada final Liga Europa di Stadion St Jacob Park, Basel, Rabu (18/5/2016). (FABRICE COFFRINI/AFP)

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, tidak tertarik menumpuk pemain bintang di klub tersebut. Klopp menilai semangat tim-lah yang akan membantu The Reds meniti persaingan di Premier League 2016-2017.

Sejauh ini, Liverpool baru mendapatkan Sadio Mane dari Southampton, Loris Karius dari Mainz, dan Joel Matip dari Schalke 04. Klopp menyiratkan dia belum berniat menambah pemain di skuat The Reds.

"Semua orang menginginkan kami membeli pemain bintang. Namun, kalau pelatih tidak tahu bagaimana memanfaatkan pemain tersebut, hasilnya akan buruk," kata Klopp.

"Beberapa klub sudah membuktikannya. Saya lebih suka mempersiapkan seluruh skuat yang ada di musim panas ini," lanjutnya.

Klopp mendasarkan pendapatnya dari Piala Eropa 2016.

Pelatih asal Jerman tersebut melihat banyak tim yang bersinar berkat kerja sama kolektif tanpa bergantung ke satu atau dua figur.

"Piala Eropa 2016 memberi banyak contoh tentang sepak bola yang sebenarnya; membangun tim dan menciptakan ikatan antara pemain, suporter, dan seluruh negara. Tidak ada yang memusingkan soal pertandingan yang sudah terjadi," kata Klopp.

Baca Juga:

Klopp ingin meniru semangat tersebut.

"Suporter membandingkan aktivitas transfer kami dengan Man United atau Man City," ucapnya.

"Bagi saya, musim panas adalah waktu untuk membangun ikatan dengan seluruh pemain dengan pengalaman dan pondasi yang ada. Saya juga memercayai para pemain baru kami," tutur Klopp.

Ikatan yang diciptakan Klopp dan para pemainnya akan diuji ketika Liverpool bersua Arsenal pada pekan pertama Premier League 2016-2017, 14 Agustus 2016 mendatang.

[video]https://video.kompas.com/e/5038084742001_v1_pjuara[/video]