Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rossi Belum Bisa Maksimal pada Hari Pertama di Sachsenring

By Sabtu, 16 Juli 2016 | 12:31 WIB
Pebalap Movistar Yamaha asal Italia, Valentino Rossi, melakukan persiapan di pit sebelum turun pada sesi latihan bebas pertama GP Jerman di Sachsenring, Jumat (15/7/2016). (ROBERT MICHAEL/AFP PHOTO)

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, tidak bisa memacu motornya 100 persen dan gagal meraih putaran maksimal pada hari pertama GP Jerman di Sachsenring, Jumat (15/7/2016).

Dengan putaran terbaik 1 menit 23,534 detik, Rossi hanya berada di urutan ke-14 pada akhir sesi latihan bebas kedua GP Jerman di Sachsenring, Jumat (15/7/2016).

Rekan satu timnya, Jorge Lorenzo, mendapat hasil lebih buruk dengan berada di urutan ke-16. Lorenzo merupakan salah satu dari lima pebalap yang jatuh di tikungan 11 atau Waterfal pada hari pertama.

"Hari yang sulit karena cuaca sangat buruk. Itu membuat semua hal jadi lebih sulit dan lebih berbahaya karena pilihan ban depan soft pun jadi sedikit lebih keras pada temperatur ini," kata Rossi.

Cuaca dingin dan lintasan lembab membayangi hari pertama GP Jerman. Bahkan, hujan yang turun pagi hari membuat sesi latihan bebas pertama tidak bisa berjalan normal.

Pebalap Yamaha dengan putaran terbaik adalah Pol Espargaro dari tim Tech3 (1 menit 23,400 detik). Itu pun hanya menempatkannya di posisi ke-11 pencatat waktu tercepat.

"Sepertinya hari ini (Jumat) semua pebalap Yamaha mengalami kesulitan dengan ban depan. Kami tidak punya feeling yang bagus dengan ban depan terutama di sisi kanan, apalagi saat melewati tikungan 11, tetapi juga di tikungan-tikungan ke kanan lainnya," ujar Rossi.

Baca Juga:

Sachsenring memang merupakan salah satu sirkuit sulit bagi para pebalap. Sirkuit ini juga menghadirkan beberapa tantangan unik, termasuk tikungan 11 di mana banyak pebalap terjatuh.

"Sejujurnya, di sini sangat menguras tenaga karena bertahan cukup lama di (banyak) tikungan ke kiri itu sulit. Lagi pula, sirkuit ini pendek dan kamu harus melakukan 30 putaran saat balapan (Minggu). Namun, buat saya, Sirkuit Assen atau sirkuit besar lainnya yang cepat adalah lebih sulit," kata Rossi.