Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Arsene Wenger Beri Lampu Hijau Latih Inggris

By Septian Tambunan - Selasa, 12 Juli 2016 | 19:32 WIB
Manajer Arsenal, Arsene Wenger, mendampingi anak asuhnya dalam pertandingan Premier League melawan Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 8 Mei 2016. (LAURENCE GRIFFITHS/GETTY IMAGES)

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, memberi sinyal positif terhadap kemungkinan melatih tim nasional Inggris.

Arsene Wenger menjadi kandidat utama dari Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) untuk menggantikan posisi Roy Hodgson. Namun, pria asal Prancis berusia 66 tahun ini masih terikat kontrak dengan The Gunners hingga akhir musim 2016-2017.

"Mungkinkah saya melatih Inggris? Mengapa tidak? Saya tidak akan pernah mengesampingkan itu, tetapi saya sedang fokus membesut klub sepak bola," kata Wenger dalam laman The Guardian, Minggu (10/7/2016).

"Saya memiliki satu tahun lagi dengan Arsenal dan saya telah bersama mereka untuk waktu yang lama. Saya selalu menghormati semua kontrak dan akan terus melakukannya. Apa yang akan saya lakukan setelah itu? Jujur, saya tidak tahu," ucapnya lagi.

Kekalahan 1-2 Inggris dari Islandia dalam babak 16 besar Piala Eropa membuat Hodgson memilih mengundurkan diri dari kursi pelatih The Three Lions.

Baca Juga:

Wenger juga ikut bersedih dengan hasil minor yang diraih Wayne Rooney cs tersebut.

"Inggris adalah negara kedua saya. Saya benar-benar terpukul ketika Inggris kalah melawan Islandia. Saya tidak bisa memercayainya," ujar Pelatih Terbaik Premier League 1998, 2002, dan 2004 itu.

"Akan tetapi, ketika Anda menyaksikan pertandingan itu, Anda bisa merasakan bahwa setelah 60 menit, hasil terburuk bisa saja terjadi. Apakah Inggris panik atau mereka lelah? Saya tidak tahu, yang pasti Inggris tidak bisa menemukan jawaban untuk menaklukkan Islandia," tuturnya lagi.

Selain Wenger, FA dikabarkan memiliki daftar calon pelatih Inggris lain, yakni Juergen Klinsmann dan Sam Allardyce.