Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rio dan Wehrlein Bicara soal Gagal Finis pada GP Inggris

By Senin, 11 Juli 2016 | 12:44 WIB
Pebalap Manor Racing asal Indonesia, Rio Haryanto, sedang berada di pit seusai menjalani sesi kualifikasi GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (9/7/2016). (MANOR GRAND PRIX RACING LTD)

Dua pebalap Manor Racing, Rio Haryanto (Indonesia) dan Pascal Wehrlein (Jerman), gagal finis pada balapan GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Minggu (10/7/2016).

Rio tidak menuntaskan balapan karena mobilnya keluar dari lintasan yang membuatnya tergelincir ke gravel tikungan 1 pada lap ke-27.

Wehrlein lebih dulu mengakhiri kiprahnya setelah mengalami insiden di tikungan 1.

"Pada awal balapan, lintasan sangat basah dan saat hujan berhenti lintasan mengering dengan cepat. Setelah menggunakan ban basah kami mengganti dengan ban slick," kata Rio dalam laman resmi Manor.

"Ini merupakan pilihan tepat. Saya kemudian melewati lintasan yang masih basah dan tidak ada yang bisa saya lakukan," ucap Rio.

Sementara itu, Wehrlein mengaku kecewa dengan kegagalannya di Sirkuit Silverstone setelah berhasil memberi satu poin bagi Manor pada GP Austria, 3 Juli.

"Beberapa bagian lintasan sudah bagus dan mengering dengan cepat. Namun, pada situasi seperti itu selalu ada beberapa bagian lintasan yang masih basah dan membuat Anda keluar jalur," ujar Wehrlein.

"Saya tahu semua bisa terjadi pada pebalap lainnya. Hasil ini sangat mengecewakan untuk mengakhiri akhir pekan," tutur Wehrlein.

Meskipun tidak meraih hasil yang diinginkan, Rio mengambil sisi positif dari hasil yang dia bukukan selama menjalani latihan hingga babak kualifikasi.

"Perjalanan kami dari latihan sampai babak kualifikasi hasilnya tetap penting. Kami mendapat akhir pekan yang bagus, terutama pada Sabtu (9/7/2016)," ucap Rio.