Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Neymar: Tak Dapat Dibayangkan Sepak Bola Tanpa Messi

By Wisnu Nova Wistowo - Minggu, 10 Juli 2016 | 20:00 WIB
Penyerang Argentina, Lionel Messi, tak kuasa menahan kekecewaan saat menunggu pengalungan medali juara kedua dalam seremoni penyerahan piala Copa America 2016 di Stadion Metlife, New Jersey, AS, 26 Juni 2016. (NICHOLAS KAMM/AFP)

Pemain bintang Barcelona, Neymar, ikut angkat bicara terkait keputusan rekan setimnya, Lionel Messi, yang memilih pensiun dari tim nasional Argentina seusai kegagalan di Copa America Centenario.

Meski menghormati pilihan Messi untuk pensiun dari kancah internasional, Neymar juga menyesali keputusan tersebut. Pemain bintang asal Brasil itu mengatakan tidak dapat dibayangkan sepak bola tanpa sosok Messi.

"Saya menghormati keputusannya. Namun, sepak bola tanpa Messi bukanlah sepak bola. Sulit dibayangkan sepak bola tanpanya," ucap Neymar seperti dilansir Marca, Minggu (10/7/2016). 

"Jika menyukai sepak bola, Anda tidak mungkin tidak mengaggumi Messi serta semua yang dicapainya untuk Argentina dan Barcelona," kata dia.

Messi memutuskan pensiun dari timnas Argentina sesaat setelah gagal menjadi juara di ajang Copa America Centenario pada 26 Juni di Amerika Serikat.

Keputusan Messi tentu bukan tanpa alasan. Kekecewaan dan besarnya tekanan turut melatarbelakangi keputusannya gantung sepatu.

Betapa tidak, dalam tiga tahun tahun terakhir Messi selalu mendapatkan kekecewaan. Tim berjulukan La Albiceleste selalu gagal memenangi turnamen besar meski sukses mencapai final.

Pada Piala Dunia 2014 Argentina berhasil mencapai final, namun dikandaskan Jerman  lewat gol tunggal Mario Goetze.

Pada Copa America 2015 dan 2016 juga mampu mencapai partai puncak. Namun, mereka dua kali beruntun digagalkan Cile.

Tiga kegagalan tersebut membuat Messi kecewa dan frustrasi. Puncaknya, ia memutuskan untuk pensiun dini.