Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Vettel Girang Ferrari Perpanjang Kontrak Raikkonen

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 9 Juli 2016 | 13:19 WIB
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel (kanan) berbincang dengan rekan setimnya, Kimi Raikkonen (Finlandia), saat menjalani sesi latihan pertama GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Jumat (8/7/2016). (CRASH.NET)

Pebalap Formula 1 (F1) asal Jerman, Sebastian Vettel, mengaku senang dengan keputusan Ferrari memperpanjang kontrak rekan setimnya, Kimi Raikkonen. Menurut dia, keputusan ini adalah hal yang benar untuk dilakukan.

Vettel tidak pernah menutupi bahwa dia sangat berharap Raikkonen tetap menjadi rekan setimnya pada musim depan.

Akan tetapi, posisi ini sempat masuk area abu-abu ketika nama Sergio Perez, Romain Grosjean, dan Carlos Sainz juga masuk ke bursa kandidat pebalap Ferrari untuk musim 2017.

"Saya pikir ini adalah hal yang benar untuk dilakukan. Selama ini banyak sekali rumor beredar, tetapi sekarang semuanya sudah jelas dan kami bisa fokus dengan pekerjaan masing-masing," kata Vettel yang dilansir Crash, Sabtu (9/7/2016).

"Saya ingin mengatakan bahwa saya dan Kimi mungkin adalah rekan setim yang punya masalah ego paling sedikit di seluruh paddock, dan ini adalah hal bagus untuk tim," ujar pebalap yang akrab disapa Seba itu.

Vettel dan Raikkonen sudah berteman sebelum pebalap Finlandia itu kembali ke Ferrari. Saat Raikkonen pulang kandang ke Maranello, keduanya langsung saling mendukung satu sama lain.

"Target utama kami adalah mengejar pimpinan klasemen, dan itu berarti tim Mercedes. Jadi, ada banyak tugas untuk kami, dan kami bekerja ke arah yang sama," tutur Vettel.

"Kami mendorong satu sama lain sebaik mungkin untuk membantu tim, menempatkan keinginan kami sendiri ke pinggir sehingga tidak berdampak kepada upaya tim secara keseluruhan," kata Juara Dunia F1 2010, 2011, 2012, dan 2013 itu.

Jalinan kerja sama Vettel dan Raikkonen di Tim Kuda Jingkrak dipastikan berlanjut setidaknya satu musim lagi. Keduanya telah dikonfirmasi Ferrari akan menjadi pebalap untuk musim 2017.

Saat ini, Vettel dan Raikkonen sama-sama mengoleksi 96 poin pada klasemen sementara pebalap. Vettel menempati peringkat ketiga, sementara Raikkonen berada di urutan keempat.