Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lebaran ala Bang Toyib dari Bek Indonesia yang Main di Liga Myanmar

By Rabu, 6 Juli 2016 | 11:35 WIB
Bek Zeyar Shwe Myay asal Indonesia, Dedi Gusmawan. (Dok. GOAL)

YANGON, JUARA.net – Bek Indonesia yang kini berkarier di Liga Myanmar, Dedi Gusmawan tak bisa mudik saat lebaran. Seperti dalam lagu dangdut berjudul Bang Toyib, pemain berusia 30 tahun ini berhari raya Idul Fitri di perantauan.

Dedi Gusmawan yang pada musim 2016 merupakan tahun keduanya bermain di Myanmar National League (MNL), kembali lebaran di negeri itu. Sebab, dia harus membela klubnya, Zeyar Shwe Myay.

Bersama klub berjulukan The Dragons itu, Dedi Gusmawan tak dapat libur pada Idul Fitri tahun ini.

”Saat puasa, saya juga mendapatkan perlakuan yang beda soal makanan dengan pesan lebih dulu."

Bek Zeyar Shwe Myay, Dedi Gusmawan

”Mirip Bang Toyib, saya tidak mudik lagi pada lebaran tahun ini. Penduduk yang beragama Islam di sini tak banyak, untuk itu di Myanmar saat Idul Fitri kegiatan tetap jalan seperti biasa,” ujar Dedi kepada JUARA.

”Kalau ditanya sedih atau tidak, saya pasti sedih, karena tak bisa lebaran bareng keluarga. Walau, tahun lalu juga merasakan hal sama,” tutur suami dari Rita Dwi Sarindra ini.

Baca juga:

Meski sedih, pesepak bola asal Deli Serdang ini mencoba menikmati semuanya. Apalagi, dia memiliki rekan satu tim yang juga sesame pemain asing dan beragama Islam. Pemain itu adalah Ibrahim, bek asal Nigeria.

”Saat puasa, saya juga mendapatkan perlakuan yang beda soal makanan dengan pesan lebih dulu. Saya selalu pesan akan makan sahur, maka dimasakin menu yang sama dengan makan malam. Kalau saat puasa, saya tak ada masalah,” tutur Dedi.

”Untuk acara lebaran nanti, saya mungkin melakukan sama dengan tahun lalu. Pagi hari, saya akan salat Ied lalu sorenya latihan. Kalau tahun lalu, pagi salat, sorenya tanding,” ucapnya.

[video]https://video.kompas.com/e/4942250502001_v1_pjuara[/video]