Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ajakan agar Lionel Messi Batal Pensiun Jadi 'Trending Topic'

By Jumat, 1 Juli 2016 | 14:21 WIB
Penyerang Argentina, Lionel Messi, tak kuasa menahan kekecewaan saat menunggu pengalungan medali juara kedua dalam seremoni penyerahan piala Copa America 2016 di Stadion Metlife, New Jersey, AS, 26 Juni 2016. (NICHOLAS KAMM/AFP)

Pada awal pekan ini, beragam tagar khusus menyangkut Lionel Messi tampak memenuhi lini masa Twitter dan sempat menjadi trending topic. Fenomena itu seakan menggambarkan bahwa para penggemar belum rela jika Messi pensiun lebih awal dari tim nasional Argentina.

Penulis: Martinus Bangun

Kabar soal rencana Messi untuk pensiun dari tim nasional Argentina langsung mengalir cepat sesaat setelah Albiceleste takluk dari Cile di final Copa America Centenario 2016, Minggu (26/6/2016).

Apalagi, Messi sendiri yang awalnya melontarkan kabar mengejutkan tersebut ke beberapa awak media, persis setelah prosesi penyerahan hadiah di laga puncak tuntas digelar di MetLife Stadium, New Jersey.

Praktis, kabar itu pun langsung mendunia.

Sebagian besar merespons niatan Messi tersebut dengan setengah tak percaya, termasuk Presiden Argentina, Mauricio Macri.

Dalam sebuah tweet-nya, sang presiden bahkan sempat turut menyertakan tagar #NoTeVayasLio sebagai bentuk ajakan agar Messi memikirkan kembali rencananya pensiun dari timnas.


Striker Argentina, Lionel Messi, tampak kecewa usai timnya dikalahkan Cile lewat drama adu penalti di laga final Copa America 2015 di Santiago, Cile, 4 Juli 2015.(NELSON ALMEIDA/AFP)

Tak hanya itu, sebuah koran besar di Argentina, La Nacion, bahkan menuliskan bahwa alih-alih meratapi kekalahan dari Cile, sebagian besar warga Argentina justru tengah fokus agar sang bintang tak pensiun lebih awal dari skuat Tim Tango.

Koran lainnya, Clarin, bahkan menampilkan rubrik khusus untuk Messi di halaman kover depan. Salah satu materi dari rubrik tersebut adalah berupa hasil polling warga Argentina terkait keputusan Messi.

Hasilnya? Sekitar 76% responden meminta agar Leo tetap bertahan di timnas.

Bahkan, tak sedikit pula yang merasa yakin bahwa Messi dan Argentina tetap punya peluang besar dalam meraih gelar juara Piala Dunia 2018 di Rusia.