Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Finis Kedua, Marquez seperti Juara

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 27 Juni 2016 | 22:48 WIB
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez (depan), merayakan keberhasilannya meraiah pole position pada sesi kualifikasi GP Catalunya di Montmelo, Barcelona, 4 Juni 2016. (JOSEP LAGO/AFP PHOTO)

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku puas dengan menjadi runner-up pada GP Belanda, Minggu (26/6/2016). Menurut Marquez, finis kedua sudah seperti menjadi juara.

"Jujur saya, rasanya seperti kemenangan karena itu adalah balapan ketika Anda tidak boleh kehilangan poin, dan mental saya adalah terus membalap dan berusaha menyelesaikan balapan," kata Marquez yang dilansir Crash, Senin (27/6/2016).

Marquez memulai balapan di Sirkuit Assen yang basah pada posisi start ke-4. Namun, pebalap berjulukan "The Baby Alien" ini tidak mampu mempertahankan posisinya.

Saat balapan dihentikan karena hujan kembali turun dan lintasan dianggap tidak aman pada lap ke-15, Marquez berada pada posisi ke-5

Marquez sempat membuka harapan menjuarai GP Belanda setelah tiga pebalap di depannya, Andrea Dovizioso (Ducati), Danilo Petrucci (Octo Pramac), dan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) gagal menyelesaikan balapan jilid kedua.

Dovizoso dan Rossi terjatuh, sedangkan motor Petrucci mengalami kerusakan teknis.

Baca Juga:

Namun, Marquez yang memilih membalap dengan aman, harus rela disalip Jack Miller (Marc VDS) pada area chicane lap ke-8 balapan jilid kedua. Pebalap Spanyol ini pun akhirnya menyelesaikan balapan GP Belanda pada posisi kedua.

"Pada balapan kedua, saya merasa setelan motor sedikit lebih baik ketimbang yang pertama, tetapi Jack juga cepat dan saya mengucapkan selamat kepada dia. Jack membalap sangat baik di atas lintasan basah," kata Marquez.

Lewat hasil finis kedua pada GP Belanda, Marquez berhak mendapat tambahan 20 poin. Dia pun kini semakin nyaman di puncak klasemen sementara dengan koleksi 145 poin.

Dua pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Rossi, berturut-turut membuntuti pada peringkat kedua dan ketiga. Lorenzo mengumpulkan 121 poin, sedangkan Rossi meraup 103 poin.