Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

LeBron James Tak Akan Bela Timnas AS pada Olimpiade Rio

By Diya Farida Purnawangsuni - Sabtu, 25 Juni 2016 | 16:44 WIB
Pebasket Cleveland Cavaliers, LeBron James, menghadiri konferensi pers bersama ketiga anaknya, LeBron Jr (kiri), Zhuri (digendong), dan Bryce (kanan), seusai mengalahkan Golden State Warriors 93-89 pada gim ketujuh final NBA. Kemenangan itu memastikan Cavaliers menjadi Juara NBA 2016 di Oracle Arena, Oakland, California, 19 Juni 2016. (THEARON W HENDERSON/GETTY IMAGES NORTH AMERICA/AFP PHOTO)

Pebasket Cleveland Cavaliers, LeBron James, mengatakan tidak akan membela tim nasional (timnas) Amerika Serikat (AS) pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Saya bisa menggunakan waktu tersebut (jika bertanding pada Olimpiade) untuk beristirahat," tutur James kepada Cleveland.com yang dilansir ESPN, Sabtu (25/6/2016).

Pengunduran diri James dari timnas AS menyusul jejak sejumlah pemain lainnya yakni Stephen Curry (Golden State Warriors), Russell Westbrook (Oklahoma City Thunder), Chris Paul (Los Angeles Clippers), dan James Harden (Houston Rockets).

James merupakan salah satu pemain NBA yang menjalani musim kompetisi 2015-2016 paling lama. Selain bermain pada 76 gim musim reguler, pemain berjulukan "King James" itu juga bermain pada 21 gim playoffs.

Baca Juga:

James menyelesaikan musim ini dengan memenangi gelar untuk kali pertama bagi Cavaliers. Pada babak final, Cavaliers mengalahkan juara bertahan, Warriors, dengan skor 4-3.

James menambah prestasinya pada tahun ini dengan menjadi Most Valuable Player (MVP) Final.

Titel tersebut menjadi yang ketiga dalam perjalanan karier James di NBA. Sebelumnya, pebasket 31 tahun itu tercatat sebagai MVP Final 2012 dan 2013, saat masih membela Miami Heat.