Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Iannone Lebih Cepat dari Rossi pada Latihan Bebas Kedua GP Belanda

By Delia Mustikasari - Jumat, 24 Juni 2016 | 20:21 WIB
Pebalap Ducati, Andrea Iannone, sedang memacu motornya saat sedang menjalani sesi latihan bebas pertama GP Catalunya di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Jumat (3/6/2016). (JOSEP LAGO/AFP)

Pebalap Ducati, Andrea Iannone, kembali menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua GP Belanda yang berlangsung di Sirkuit Assen, Jumat (24/6/2016).

Pada sesi sebelumnya, pebalap asal Italia tersebut juga menjadi yang tercepat.

Sebelum Iannone memastikan diri sebagai yang tercepat beberapa pebalap bergantian meraih posisi tersebut. Namun, yang bertahan cukup lama adalah Marc Marquez (Repsol Honda).

Dia sempat mencatat putaran tercepat 1 menit 34, 292 detik yang dipertajam menjadi 1 menit 34, 208 detik.

Memasuki sesi 10 menit berjalan, pebalap asal Spanyol tersebut semakin mempertajam putarannya menjadi 1 menit 33, 924 detik. Dia unggul dari Iannone 0,428 detik.

Selain beradu kecepatan, sesi kali ini diwarnai beberapa insiden. Ketika sesi sudah berlangsung selama 40 menit, Alvaro Bautista (Aprilia) terjatuh dan gagal melanjutkan sesi.

Ini merupakan crash kedua bagi Bautista pada musim ini.

Insiden selanjutnya melibatkan pebalap Avintia Racing, Hector Barbera. Dia bisa berjalan setelah terjatuh, namun tidak bisa melanjutkan sesi.

Sementara itu, duo pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, menjadikan sesi kali ini untuk mencoba sasis (kerangka motor) baru dan lama.

Rossi yang semula berada pada posisi ke-11 pebalap tercepat menyusul Marquez dengan putaran terbaik 1 menit 33, 595 detik menjelang sesi berakhir.