Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Abrizal Umanailo Menurun, Penyebabnya Pun Terungkap

By Segaf Abdullah - Jumat, 24 Juni 2016 | 17:35 WIB
Trio Persija, Abrizal Umanailo, Andik Rendika Rama, dan Ismed Sofyan (ki-ka) siap menyerbu Perseru bersama 15 pemain lain pada laga Minggu (22/5/2016). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Asisten pelatih Persija Jakarta, Denimar Carlos, mengomentari penurunan performa gelandang Abrizal Umanailo. Tangan kanan pelatih Paulo Camargo ini mengungkapkan, pemain muda seperti Abrizal, masih terhitung fluktuatif. Jadi, performanya mudah naik turun. 

Mencuri perhatian pada dua laga awal Persija pada Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC), nama Abrizal Umanailo langsung meroket. Pemain berusia 20 tahun itu bermain apik saat tim Ibu Kota berhasil menahan imbang Persipura Jayapura pada laga pembuka TSC.

Pemuda asal Ternate tersebut mencetak gol kemenangan Persija saat menjamu Persela Lamongan. Pada laga Jumat (13/5/2016), Persija menang 2-1.

"Umay selalu berusaha menampilkan yang terbaik dalam setiap laga yang dimainkan Persija."

Bek Kiri Persija, Andik Rendika Rama.

Namun, penampilan Abrizal seolah tenggelam setelah memasuki pekan keempat. Menyadari hal itu, Denimar menegaskan Umay, sapaan karib Abrizal, hanya butuh waktu untuk mengembalikan performa puncaknya.

"Abrizal masih muda dan luar biasa. Kami terkesan dengan performanya. Namun, dia tetap masih banyak berlatih agar penampilannya jauh lebih konsisten," ucap Denimar, Kamis (23/6/2016).

Selain itu, Denimar juga mengatakan permainan Umay masih akan terus berkembang. Untuk pemain seusianya, kondisi fisik dan teknik Abrizal cukup mumpuni.

Baca juga:

Bek kiri Persija, Andik Rendika Rama, setuju dengan pernyataan Denimar. Menurut Rama, totalitas Umay tidak perlu diragukan lagi dalam setiap laga tim berjulukan Macan Kemayoran tersebut.

"Umay selalu berusaha menampilkan yang terbaik dalam setiap laga yang dimainkan Persija. Saya pikir tidak ada masalah dengan performanya," kata Rama.

Pada pekan kedelapan TSC, konsistensi Abrizal kembali diuji saat Persija menjamu Sriwijaya FC di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (24/6/2016). Rencananya, laga ini akan disiarkan langsung oleh SCTV mulai pukul 21.30 WIB.

[video]https://video.kompas.com/e/4942236104001_v1_pjuara[/video]