Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bobotoh Harus Terlibat Soal Rencana Jakmania Hadir di Bandung

By Fifi Nofita - Kamis, 23 Juni 2016 | 12:15 WIB
Aksi bobotoh Persib Bandung saat mendukung timnya pada Piala Presiden 2015 di Bandung. (FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET)

Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar berharap bobotoh dilibatkan terkait rencana Jakmania yang akan hadir langsung di Kota Kembang. Pendukung Persija Jakarta itu berencana hadir mendukung klub idolanya saat dijamu Persib pada 16 Juli 2016 mendatang.

Sebelumnya, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil menerima perwakilan Jakmania beberapa hari lalu. Mereka lalu melakukan pertemuan dengan Kapolda Jawa Barat.

Pada kesempatan tesebut, Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, memberikan lampu hijau dan akan berusaha untuk bisa memfasilitasi suporter Persija hadir di Bandung. Jakmania akan dapat kuota 10 persen dari total tiket yang dicetak.

Baca juga:

"Saya harapkan, semoga secepatnya damai dan tak ada perselisihan dua kelompok suporter besar di Indonesia ini," kata Umuh di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (22/6/2016).

Umuh menambahkan, bobotoh merupakan elemen penting, sehinga sebelum mengambil keputusan. Pendukung tim berjulukan Maung Bandung ini harus dilibatkan lebih dulu.

"Tetapi, semuanya kami serahkan kepada bobotoh. Karena dalam situasi ini, bobotoh harus dilibatkan. Kemarin itu, semua baru prakarsa dari wali kota saja," ujarnya.

Manajer yang turut mengantarkan Persib menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2014 ini mengaku sudah bertemu dengan Presiden Persija, Ferry Paulus. Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak secara lisan sudah menyatakan kesepatakan.

"Kami sudah membuat kesepakatan secara lisan dengan Ferry Paulus, bahwa saat Persib main di Bandung, Jakmania tidak usah datang. Juga sebaliknya, saat Persija bertindak sebagai tuan rumah, bobotoh tidak usah datang. Hal itu sudah diingatkan berkali-kali," tegas Umuh.