Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Jose Berharap Persib Bisa Kembali ke Kompetisi Asia

By Fifi Nofita - Kamis, 23 Juni 2016 | 11:54 WIB
Pelatih caretaker Persib, Herrie 'Jose' Setiawan menunjuk anak asuhnya saat memberikan instruksi saat timnya menjamu Mitra Kukar di Stadion GBLA, Kota Bandung, Sabtu (18/6/2016) malam. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.net)

Persib Bandung memiliki peluang untuk tampil di Piala AFC 2017 atau kompetisi kasta kedua antarklub Asia. Pasalnya, Indonesia sudah terlepas dari sanksi suspensi FIFA sejak 13 Mei 2016.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru akan menggelar rapat pleno soal jatah klub anggota mereka di kompetisi Asia 2015 pada Oktober 2016 mendatang. Meski belum ditentukan, pelatih caretaker Persib, Herrie Setyawan mengaku sangat antusias.

Sebab, kabar itu membuat Persib memiliki asa bisa kembali berkompetisi level regional.

Mantan pemain bertahan Persib ini berharap peluang tim kebanggaan bobotoh ini berlaga di level Asia bisa teralisasi. Karena, hal itu akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.

Baca juga:

"Kalau dapat kesempatan tampil di Piala AFC, Alhamdulillah. Level kompetisi ini sebagai satu penghormatan buat Persib," kata Jose, sapaan akrab Herrie Setyawan di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Rabu (22/6/2016).

"Semoga, kami bisa berprestasi dan membawa nama harum Indonesia di level Asia," lanjutnya.

Selain Persib, Persipura Jayapura yang menjadi runner-up Indonesia Super League (ISL) 2014 ini juga berpeluang untuk berlaga di level Asia. Kedua tim ini sebelumnya juga mewakili Indonesia di Piala AFC 2015.

Namun, langkah keduanya terhenti di babak 16 besar. Persib terhenti di babak 16 seusai ditaklukan Kitchee SC pada laga kandang di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Tidak lama dari itu, sepak bola Indonesia mendapat sanksi dari FIFA. Persipura pun terkena diskualifikasi dari Piala AFC 2015. 

[video]https://video.kompas.com/e/4942236090001_v1_pjuara[/video]