Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Mikel Arteta Hampir Pasti Gabung Manchester City

By Verdi Hendrawan - Senin, 20 Juni 2016 | 21:16 WIB
Gelandang Arsenal, Mikel Arteta, saat berpamitan dengan fans pada pertandingan terakhirnya bersama The Gunners menghadapi Aston Villa di Stadion Emirates, London, Inggris, pada 15 Mei 2016. (MIKE HEWITT/GETTY IMAGES)

Mantan gelandang Arsenal dan Everton, Mikel Arteta, dilaporkan hampir pasti bergabung dengan Manchester City. Mantan pemain berusia 34 tahun itu akan menjadi bagian dari staf pelatih manajer baru The Citizens, Josep Guardiola.

Arteta telah memutuskan untuk berhenti menjadi pemain sepak bola pada akhir 2015-2016. Mantan pemain asal Spanyol itu merasa tubuhnya sudah tidak sanggup menjadi pilihan utama, terlebih karena sering didera cedera.

Kini, Arteta dikabarkan telah menyetujui kontrak untuk menjadi salah satu staf pelatih Guardiola di Man City. Dalam waktu dekat, hal ini akan segera diumumkan pihak klub secara resmi.

Selain Man City, ada klub lain yang juga menginginkannya menjadi bagian dari staf pelatih, yaitu Tottenham Hotspur. Namun, Arteta memilih untuk menolak tawaran tersebut.

Arsenal pun sempat meminta Arteta menjadi bagian dari staf pelatih akademi mereka. Namun, tawaran tersebut datang terlambat karena negosiasi dengan Man City telah memasuki tahap lanjut.

Arteta dipandang memiliki prospek manajerial yang luar biasa pada masa yang akan datang. Arteta dipercaya memiliki kemampuan untuk menjadi seorang pelatih besar suatu saat nanti.

Baca Juga:

Namun, ada juga anggapan miring tentang perekrutan Arteta oleh Man City ini. Tugas pertama Arteta bersama kubu Etihad itu adalah untuk merayu mantan klubnya, Everton, agar mau melepas bek John Stones dari Goodison Park.

Sebelumnya, Everton telah bersikeras untuk tidak melepas Stones ke klub manapun. The Toffees berencana untuk menjadikan bek berusia 22 tahun itu sebagai bagian dalam membangun tim bersama pemilik klub baru nan kaya raya asal Iran, Farhad Moshiri.

[video]https://video.kompas.com/e/4921204138001_v1_pjuara[/video]