Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Rosberg: Saya Merasa Menyatu dengan Mobil

By Diya Farida Purnawangsuni - Senin, 20 Juni 2016 | 15:21 WIB
Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, mengangkat trofi juara GP Eropa 2016 di atas podium Sirkuit Baku, Minggu (19/6/2016). Rosberg tampil sebagai pemenang balapan dengan catatan waktu 1 jam 32 menit dan 52,366 detik. (KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP PHOTO)

Juara GP Eropa 2016, Nico Rosberg, menyebut kemenangannya di Sirkuit Baku, Minggu (19/6/2016), sebagai suatu hal istimewa.

Menurut Rosberg, kemenangan itu terjadi karena dia merasa menyatu dengan mobil.

Rosberg tampil bagus sepanjang pekan balapan pada GP Eropa. Setelah meraih pole position pada sesi kualifikasi, Sabtu (18/6/2016), pebalap Mercedes ini melanjutkan dominasinya di Baku dengan memenangi balapan.

Selama balapan, Rosberg tak sekali pun kehilangan posisi pertamanya, meski sempat mengalami masalah setelan mesin saat membalap.

Dia menyelesaikan balapan dengan keunggulan 16,6 detik atas pebalap Ferrari, Sebastian Vettel.

"Selalu sulit untuk memenangi balapan Formula 1, tetapi hari ini istimewa karena saya merasa menyatu dengan mobil dan hal seperti ini jarang terjadi. Semuanya berjalan sempurna dan saya bisa terus memacu mobil," tutur Rosberg yang dilansir Crash, Senin (20/6/2016).

Pada dua seri balap sebelumnya, GP Monaco dan GP Kanada, Rosberg gagal tampil oke. Sebaliknya, Lewis Hamilton, sang rekan setim, justru keluar sebagai juara.

Lewat dua kemenangan itu, Hamilton berhasil memangkas defisit poinnya dari Rosberg. Dari semula 43 poin, menjadi hanya 9 poin.

Namun situasi kembali berbalik arah setelah Rosberg tampil sempurna pada GP Eropa. Pebalap Jerman itu kini merevisi selisih poinnya dengan Hamilton menjadi unggul 24 poin.

"Ya, ini adalah kemenangan yang dibutuhkan, hari ini luar biasa, akhir pekan ini luar biasa," kata Rosberg.

Persaingan para pebalap F1 akan kembali berlanjut saat seri balapan ke-9, GP Austria, digelar pada 1-3 Juli 2016.