Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bek Tersubur, Hamka Ungguli Duo Pemain Bertahan Asing

By Jumat, 17 Juni 2016 | 01:35 WIB
Bek sekaligus kapten Arema Cronus, Hamka Hamzah sementara menjadi pemain belakang paling sering mencetak gol pada TSC 2016. (SUCI RAHAYU/JUARA.NET)

JAKARTA, JUARA.net – Arema Cronus sempat ’tertimpa’ berbagai kabar yang kontroversial saat Hamka Hamzah merapat ke Malang. Tetapi, bek berusia 32 tahun yang selama ini dikenal temperamental justru malah tampil istimewa.  

Hamka Hamzah sampai pekan keenam TSC 2016 mampu menjadi salah satu pengisi daftar tiga besar top scorer. Eks pemain klub Malaysia, PKNS FC itu bersama enam pemain subur TSC 2016, merupakan satu-satunya bek.

Selalu bermain dalam enam laga awal Arema, tiga gol sudah berhasil dicetak oleh Hamka. Bahkan, satu gol yang dicetak pemain asal Makassar ini pada laga 27 Mei 2016 dinilai sangat spektakuler.

Kala itu, Arema menang atas tamunya, Persegres Gresik United dengan skor 3-1. Hamka mencetak gol kedua klub berjulukan Singo Edan pada menit ke-38 melalui sepakan keras terarah dari luar kotak penalti.

Baca juga:

 

Untuk pemain bertahan, catatan gol Hamka cukup bagus dan mampu mengungguli bek-bek yang selama ini dikenal tukang cetak gol. Duo bek impor, Vladimir Vujovic (Persib) dan Otavio Dutra (Bhayangkara Surabaya United), masing-masing baru dua kali mencetak gol.

Menurut catatan statistik dari Labbola, menit bermain Hamka dan Dutra sama 540 sampai pekan keenam TSC 2016. Tetapi, Vujovic yang absen sekali karena sanksi akumulasi kartu kuning baru main 450 menit.


(ANDREAS JOEVI/JUARA.net)

Sedangkan untuk operan sukses, Vujovic unggul yaitu 250 kali disusul Hamka dengan jumlah 181. Dutra melakukan operan sukses 159, tetapi baru dihitung pada lima dari enam laga yang dijalaninya.