Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Pemainnya Dihukum Enam Bulan, Semen Padang Murka

By Yosrizal - Kamis, 16 Juni 2016 | 17:45 WIB
Kiper Semen Padang, Jandia Eka Putra dalam laga timnya kontra Persija di SUGBK pada 8 Mei 2016. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.net)

PADANG, JUARA.net – Manajemen Semen Padang yang selama ini terkesan kalem dan nrimo, kali ini beda. Mereka meradang setelah sanksi terhadap kiper Jandia Eka Putra dan penyerang Christovel Manuel Sibi.  

Semen Padang meradang terhadap keputusan Komisi Disiplin (Komdis) TSC terhadap Jandia Eka Putra dan Christovel Manuel Sibi. Mereka menolak sanksi yang diberikan kepada kedua pemain itu.

Hukuman enam bulan tak boleh bermain bagi kedua pemain Semen Padang itu, langsung dibalas dengan surat banding dan menolak semua keputusan itu. Alasan manajemen Semen Padang pun sangat jelas.

Seperti dikatakan CEO klub berjulukan Kabau Sirah, Daconi, semestinya operator TS melihat dari semua proses kejadian. Mereka menyayangkan operator hanya melihat akibat dari proses yang terjadi.

”Selama ini, Semen Padang tak pernah meminta untuk dibantu wasit dalam setiap pertandingan, baik di kandang maupun tandang.”

CEO Semen Padang, Daconi.

”Kami sama sekali tak bisa menerima sanksi seberat itu. Kalau mau adil, wasit yang memimpin pertandingan Perserui melawan Semen Padang juga harus diadili,” kata Daconi.

”Selama ini yang menjadi korban adalah pemain. Tetapi semuanya berawal dari ulah wasit yang seenaknya mengambil keputusan dan memihak klub tertentu,” lanjutnya.

Kasus di Serui, menurut Kepala Departamen Produksi PT Semen Padang itu, adalah sebuah intervensi terhadap klubnya. Banyak keputusan wasit yang tak masuk akal, termasuk keputusan memberikan hukuman penalti.

Skuat Kabau Sirah merasa sangat dirugikan dan dirampas haknya untuk bisa mengambil poin oleh wasit. Kesewenangan wasit yang memimpin laga kontra Perserui, juga disebabkan tidak adanya siaran langsung.

Sehingga, segala keburukan perilaku wasit tak ada yang melihat, kecuali tim tamu. Sementara itu, tuan rumah biasanya merasa tak ada masalah.

Baca juga: