Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Cerita Pelatih Arema Saat Ramadan di Negeri Asalnya, Bosnia

By Ovan Setiawan - Kamis, 16 Juni 2016 | 16:10 WIB
Pelatih Arema, Milomir Seslija saat berada di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada Senin (13/6/2016). (OVAN SETIAWAN/JUARA.net)

MALANG, JUARA.net – Pelatih Arema Cronus, Milomir Seslija berasal dari negara Eropa yang mayoritas berpenduduk muslim, Bosnia dan Herzegovina. Pria berusia 51 tahun ini pun berbagi cerita soal kehidupan beragama di negeri asalnya, terutama saat Ramadan.

Pelatih yang menangani Arema Cronus sejak awal tahun ini memiliki cerita tentang indahnya toleransi beragama di negara yang terletak di semenanjung Balkan itu.

Islam berkembang cukup pesat di Bosnia dan Herzegovina. Jumlah penduduk terbesar negara itu adalah pemeluk Islam, sisanya sebanyak 31 persen penganut Kristen Ortodoks dan 15 persen lagi adalah Katolik Roma.

”Sebagai pelatih, saya juga mengetahui jadwal berbuka dan sahur. Bahkan, kami juga menikmati sajian buka puasa bersama-sama.”

Pelatih Arema, Milomir Seslija

Sebagai orang non-Muslim, Milo, sapaan Milomir Seslija, merasakan betul manisnya toleransi beragama di negaranya, terutama saat bulan Ramadan.

”Seperti yang saya rasakan di Malang, semua orang saling menebar kebaikan. Di Bosnia juga sama, di sana setiap orang menghargai Ramadan. Kami saling mengundang datang ke rumah,” ujar Milo.

Seperti tengah berlomba-lomba mendapatkan berkah Ramadan, suasana berbeda juga dirasakan oleh masyarakat Bosnia. Menurut Milo, Ramadan tidak hanya mendapatkan tempat di lingkungan penduduk Muslim saja.

”Saat Ramadan, orang berusaha melakukan yang terbaik,” tuturnya.

Baca juga:

Seperti halnya di Indonesia, Milo mengatakan kalau di Bosnia juga banyak bertebaran tempat beribadah seperti masjid dan gereja.

”Banyak masjid dan gereja, mereka berjalan di jalannya masing-masing,” ucap mantan direktur teknik Barito Putera ini.