Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Lagi, Tontowi/Liliyana Kalah dari Pasangan Dadakan Denmark

By Diya Farida Purnawangsuni - Rabu, 8 Juni 2016 | 14:10 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, saat bertanding melawan wakil Denmark, Kim Astrup/Line Kjaersfeldt, pada babak kedua turnamen BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (2/6/2016). (GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM)

Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, kembali mencatat hasil negatif. Mereka gagal melangkah jauh pada Australia Terbuka 2016 setelah dikalahkan pasangan dadakan Denmark, Anders Skaarup Rasmussen/Maiken Fruergaard.

Pasangan yang turun sebagai unggulan pertama ini kalah 12-21, 21-18, 15-21 pada laga babak pertama yang berlangsung di Sydney Olympic Park, Rabu (8/6/2016).

Tontowi/Liliyana memulai gim kesatu dengan cukup baik. Mereka memegang kendali permainan dengan unggul 5-2.

Namun, delapan poin beruntun yang diraih Rasmussen/Fruergaard membuat kedudukan berbalik.

Tontowi/Liliyana yang berada dalam keadaan tertinggal gagal keluar dari tekanan. Gim kesatu pun dimenangi Rasmussen/Fruergaard.

Tertinggal satu gim memaksa Tontowi/Liliyana bekerja keras pada gim kedua. Pada gim ini, kedua pasangan terus terlibat aksi saling kejar poin sampai kedudukan 13-13.

Tontowi/Liliyana berhasil keluar dari tekanan Rasmussen/Fruergaard setelah memenangi tiga poin berikutnya. Tontowi/Liliyana mempertahankan keunggulan hingga menutup gim kedua dengan kemenangan dan memaksakan terjadinya rubber game.

Memasuki gim ketiga, performa Tontowi/Liliyana menurun drastis. Tak lagi mampu memberi perlawanan, keduanya terus berada dalam posisi tertinggal sejak perebutan poin-poin awal.

Setelah berjuang selama 51 menit, Tontowi/Liliyana harus mengakui keunggulan Rasmussen/Fruergaard.

Bagi Tontowi/Liliyana, kekalahan pada babak pertama Australia Terbuka 2016 menjadi catatan buruk kedua dalam dua turnamen terakhir.

Sebelumnya, pada BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016 di Jakarta, Tontowi/Liliyana kalah pada babak kedua dari pasangan dadakan Denmark lainnya, Kim Astrup/Line Kjaersfeldt.