Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ventura Resmi Menjadi Penerus Conte di Timnas Italia

By Verdi Hendrawan - Selasa, 7 Juni 2016 | 22:35 WIB
Pelatih Torino, Giampiero Ventura, dalam pertandingan Serie A menghadapi Udinese di Stadion Friulli, Udine, Italia, pada 30 April 2016. (DINO PANATO/GETTY IMAGES)

Setelah media-media menyebut Giampiero Ventura (68) akan segera diangkat Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) sebagai pelatih tim nasional, akhirnya mantan pelatih Torino itu resmi menjadi penerus Antonio Conte usai Piala Eropa 2016.

Melalui situs resmi FIGC, Presiden FIGC, Carlo Tavecchio, mengungkapkan pengangkatan Ventura ini.

"Kami memilih Ventura karena kualitas, moral, dan kemampuannya dalam mengelola sebuah tim," ungkap Tavecchio di FIGC.it.

Ventura mendapat kontrak berdurasi dua tahun dari FIGC hingga 31 Juli 2018. Ia akan menangani Italia dengan bantuan dari mantan pelatih yang sukses mengantarkan Gli Azzurri menjuarai Piala Dunia 2006 lalu, Marcello Lippi, sebagai direktur teknik.

Sebelumnya, kantor berita Italia, ANSA, juga sudah merilis isi kontrak Ventura dengan FIGC. Pria yang telah menjadi pelatih sejak 1976 itu akan mendapat gaji sebesar 1,3 juta euro (Rp 19,6 miliar) per tahun plus bonus jika Gli Azzurri lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Baca Juga:

Tanda-tanda kemunculan Ventura sebagai pengganti semakin menguat sebelumnya setelah dia mundur dari Torino. Ia akan menggantikan Conte yang memutuskan hengkang ke Chelsea usai Piala Eropa 2016.

Hal ini juga semakin diperkuat oleh pernyataan Tavecchio sebelumnya dengan tidak menampik bahwa Ventura adalah sosok yang akan menangani timnas.

"Anda akan mengetahui semuanya. Apakah dia Ventura? Bisa jadi. Kami meneliti secara cermat untuk menyiapkan masa depan tim nasional," kata Tavecchio di kutip dari Sportmediaset.

[video]https://video.kompas.com/e/4911914019001_ackom_pballball[/video]