Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Messi Menangi Gugatan terhadap Surat Kabar Spanyol

By Selasa, 7 Juni 2016 | 16:46 WIB
Kapten timnas Argentina, Lionel Messi, meninggalkan gedung pengadilan di Barcelona, Spanyol, 2 Juni 2016. (ALEX CAPARROS/GETTY IMAGES)

Lionel Messi memenangi kasus hukum melawan surat kabar Spanyol, La Razon. Pengadilan provinsi Barcelona menyatakan bahwa media tersebut telah menerbitkan sebuah artiket yang isinya fitnah.

Artikel yang ditulis oleh wartawan Alfonso Ussia, muncul setelah Argentina kalah dari Jerman pada final Piala Dunia 2014. Dalam tulisannya, sang jurnalis mengkritisi peran Messi di tim nasional, tetapi pendapat dalam tulisan itu dinilai sangat berlebihan.

Baca Juga:

Tulisan tersebut dinilai sangat merugikan sehingga Ussia dan direktur koran tersebut, Francisco Marhuenda, diwajibkan membayar 64.590,79 euro (sekitar Rp 973,856 juta) kepada peraih Ballon d'Or 2015 tersebut.

"Komentar Ussia tidak penting dan kurang sopan dalam beropini yang kemudian ditransfer ke dalam bentuk artikel," demikian menurut pengadilan.

"Dan secara obyektif menghina serta menyerang meskipun dimensi citra publik pemain dan pluralisme, toleransi dan semangat keterbukaan menjadi nomor satu dalam masyarakat modern saat ini."

Messi tak menerima uang denda tersebut. Sudah diumumkan bahwa penyerang andalan FC Barcelona tersebut akan menyumbang uang tersebut untuk Doctors Without Borders, yang merupakan organisasi kemanusiaan medis.