Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Gol Blas Perez Kandaskan Strategi Gemilang Pelatih Bolivia

By Septian Tambunan - Selasa, 7 Juni 2016 | 08:04 WIB
Pemain Panama, Blas Perez Ortega (kiri), merayakan gol yang dia cetak ke gawang Bolivia dalam pertandingan Copa America Centenario di Stadion Camping World, Orlando, Amerika Serikat, 6 Juni 2016. (HECTOR RETAMAL/AFP)

Duel antara Panama dan Bolivia dalam laga Copa America Centenario di Stadion Camping World, Senin (6/6/2016) waktu setempat, menyajikan pertandingan seru dengan rangkaian aliran serangan.

Panama menang dengan skor 2-1 berkat gol yang dicetak oleh Blas Perez (11', 87'), sementara gol balasan Bolivia berasal dari lesakan Juan Arce (54').

Berdasarkan catatan ESPN, Panama memang tampil sedikit lebih mendominasi. Mereka memimpin penguasaan bola hingga 51 persen.

Dari segi peluang, Panama memiliki 15 dan Bolivia mempunyai 12.

Mengambil inisiatif serangan, Panama langsung mengancam gawang Bolivia pada menit ke-6. Tendangan bebas Gabriel Torres dari jarak 35,2 meter masih mampu ditepis kiper, sekaligus kapten Bolivia, Carlos Lampe.

Hanya berselang tiga menit, Panama kembali mendapatkan peluang. Namun, tendangan voli Armando Cooper dari dalam kotak penalti masih melambung.

Panama akhirnya unggul 1-0 pada menit ke-11. Berawal dari umpan lambung Alberto Quintero dari sisi kanan pertahanan Bolivia, Perez mampu mengkonversi menjadi gol lewat tendangan keras kaki kanan, sebelum si kulit bulat menyentuh tanah.

Pada menit ke-17, Bolivia menguji ketangguhan penjaga gawang Jaime Penedo, yang bisa menghalau sundulan Juan Arce.

Perez nyaris menambah keunggulan Panama menjadi 2-0 setelah merebut bola dari bek Bolivia, Ronald Eguino.
Kendati tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Lampe, Perez terlalu lama menggiring dan menggocek bola, sehingga dia keburu diserbu pemain Bolivia, yang sudah kembali ke pertahanan.