Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Suning Group Ambil Saham Mayoritas, Thohir Tetap 'Aman'

By Anju Christian Silaban - Senin, 6 Juni 2016 | 15:02 WIB
Presiden Inter Milan, Erick Thohir, ikut ambil bagian dalam acara Leaders Sport Business Summit 2014 di London, Inggris, pada 9 Oktober 2014. (TOM DULAT/GETTY IMAGES)

 Suning Group secara resmi mengambil alih saham mayoritas Inter Milan. Perpindahan kepemilikan ini diumumkan kedua belah pihak pada jumpa pers di Nanjing, China, Senin (6/6/2016).

Sebelumnya, 70 persen saham klub berjulukan I Nerazzurri dikuasai oleh International Sports Capital pimpinan Erick Thohir. Sisanya berada di bawah Internazionale Holding milik Massimo Moratti.

Sebagai konsekuensi, Moratti yang notabene eks presiden klub, harus mundur dari Inter Milan. Adapun Erick Thohir tetap bertahan di kursi presiden.

Terkait perpindahan saham ini, Thohir menyatakan, "Kemitraan dengan Suning Group telah mengubah Inter Milan. Dalam dua setengah tahun, kami membangun pondasi solid untuk klub. Kemitraan ini membawa klub ke langkah selanjutnya."

Baca Juga:

Di lain sisi, Chairman Suning Group Zhang Jindong melihat peluang besar dari kesepakatan dengan klub berjulukan I Nerazzurri.

Terlebih lagi, sepak bola merupakan olahraga populer di China. Inter pun menjadi magnet ketika memilih Negeri Tirai Bambu sebagai destinasi tur pramusim tahun lalu.

"Kesepakatan ini memungkinan para penggemar di China dan Asia Pasifik menjadi semakin dekat. Adapun Suning bisa berkembang sebagai merek dagang di Eropa dan dunia,"kata Zhang Jindong.