Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Penyelenggara Copa America Centenario Salah Putar Lagu Kebangsaan Uruguay

By Verdi Hendrawan - Senin, 6 Juni 2016 | 08:53 WIB
Pemain tim nasional Uruguay, Alvaro Pereira (kanan), Fernando Muslera (tengah) dan Diego Godin, terlihat kebingungan saat upacara pemutara lagu kebangsaan sebelum pertandingan Copa America Centenario 2016 Grup C menghadapi Meksiko di Stadion Universitas Phoenix, Glendale, Arizona, Amerika Serikat, Minggu (5/6/2016). (DOK YAHOO SPORTS)

Kejadian unik dan memalukan terjadi pada pembuka laga Grup C Copa America Centenario antara Meksiko berhadapan dengan Uruguay. Penyelenggara turnamen salah memutar lagu kebangsaan Uruguay di Stadion Universitas Phoenix, Minggu (5/6/2016) waktu setempat atau Senin (6/6/2016) pagi WIB.

Setelah para pemain Meksiko mendengarkan dan menyanyikan lagu kebangsaan mereka, tim Uruguay justru disajikan lagu kebangsaan Cile, Himno Nacional de Chile. Judul lagu kebangsaan Cile memang hampir mirip dengan Uruguay, Himno Nacional.

Tak pelak hal ini membuat wajah para pemain Uruguay sedikit kebingungan dengan mengerutkan dahi. Mereka pun memutuskan untuk berdiam tanpa bernyanyi.

Kejadian ini mengundang banyak kritik dari berbagai pihak. Salah satunya dari pengamat sepak bola Meksiko, Tom Marshall. Ia mengatakan bahwa kejadian tersebut membuat seluruh wartawan Uruguay marah di ruang pers.

Baca Juga:

Tak lama berselang, pihak menyelenggara pun meminta maaf atas kejadian tersebut. Mereka mengatakan bahwa semua ini adalah murni kesalahan manusiawi.

"Pada upacara sebelum pertandingan malam ini, secara tidak sengaja terjadi kesalahan manusiawi dalam pemutaran lagu kebangsaan yang benar," tulis ofisial Copa America Centenario 2016 melalui akun Twitter @CA2016.

"Kami sungguh meminta maaf kepada Federasi Sepak Bola Uruguay, tim nasional Uruguay, masyarakat Uruguay, serta fans atas kesalahan ini. Kami akan berusaha untuk memastikan hal seperti ini tidak akan terjadi lagi."