Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pele Ungkap Usaha Matt Busby Memboyongnya ke Manchester United

By Verdi Hendrawan - Senin, 6 Juni 2016 | 03:00 WIB
Legenda sepak bola Brasil dan dunia, Pele (kanan), berpose bersama manajer anyar Manchester United, Jose Mourinho, saat berkunjung ke Stadion Old Trafford, Manchester, Inggris, pada Minggu (5/6/2016). (DOK INSTAGRAM JOSE MOURINHO)

Legenda sepak bola Brasil dan dunia, Edson Arantes do Nascimento alias Pele, mengungkapkan bahwa dirinya pernah mendapat tawaran bergabung saat Manchester United masih ditangani oleh Manajer Sir Matt Busby.

Hal ini diungkapkan Pele saat berkunjung ke Stadion Old Trafford pada sela-sela kedatangannya ke Manchester untuk mendukung laga amal kemanusiaan yang digelar Human Appeal bertajuk Soccer Aid 2016, Minggu (5/6/2016).

Pele mengungkapkan bahwa saat dirinya masih aktif bermain pada 1968 atau berusia 28 tahun, Busby pernah mencoba mengontraknya untuk menjadi bagian dari skuat Man United.

Namun karena kesetiannya kepada Santos, Pele menolak tawaran untuk membuka kesempatannya bermain bersama para pemain tenar Setan Merah pada saat itu, seperti George Best, Sir Bobby Charlton, dan Denis Law.

Baca Juga:

"Ya, pada tahun 1968 atau akhir 1960-an, saya mendapat tawaran bergabung. Pihak Santos mengatakan bahwa mereka mendapat beberapa telepon mengenai saya bermain di Manchester bersama Manchester United," ucap Pele dikutip dari The Republic of Mancunia.

"Santos bertanya, 'Apakah Anda ingin bermain di sana?'. Karena saya berpikir Santos adalah salah satu tim terbaik pada saat itu bersama Real Madrid, jadi saya berkata, tidak. Saya akan tetap bertahan," tuturnya.

Pele mengatakan bahwa pada masa kejayannya, Santos dan dirinya tidak bisa dipisahkan. Hal tersebut yang membuat dirinya baru berpikir untuk bermain di klub lain bersama New York Cosmos pada 1975 atau setelah berusia 35 tahun.

 

An honour to host Pele at my new house

A photo posted by Jose Mourinho (@josemourinho) on

Pele juga mengatakan bahwa kecintaannya menjadi pemain sepak bola tetap hidup hingga saat kini berusia 75 tahun. Mengakhiri karier sebagai pemain sepak bola profesional adalah hal paling menyakitkan bagi dirinya.

"Semua orang tahu saya bermain selama 25 tahun bersama tim saya, Santos. Pada sepanjang hidup, saya tidak pernah memiliki cedera yang buruk. Saya pernah punya masalah dengan ligamen lutut, tetapi saya tidak pernah punya masalah besar," ucap Pele.