Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Yang Muda, Yang Bakal Melejit pada Piala Eropa

By Sabtu, 4 Juni 2016 | 09:01 WIB
Selebrasi gol striker Manchester United, Anthony Martial, usai membobol gawang West Ham United dalam pertandingan perempat final Piala FA 2015-2016 di Old Trafford, Manchester, Inggris, pada 13 Maret 2016. (MICAHEL REGAN/GETTY IMAGES)

Piala Eropa biasanya menjadi ajang pematangan untuk para pemain muda. Diharapkan mereka akan matang pada turnamen itu, sebelum mentas di Piala Dunia dua tahun kemudian, kalau negaranya lolos.

Penulis: Dian Savitri

Tahun ini di Prancis banyak pemain muda yang terpilih masuk skuat negara masing-masing. Kebanyakan adalah mereka yang telah melejit bersama klubnya. Apakah nama mereka juga akan semakin matang dalam Euro 2016? Kita nantikan.

 

Anthony Martial (Prancis, 20 tahun)


Aksi Dele Alli dlam pertandingan persahabatan antara Inggris dan Portugal di stadion Wembley, 02 Juni 2016. (DAN MULLAN/GETTY IMAGES)

Sebelum direkrut oleh Manchester United, 1 September tahun lalu, nama Anthony Martial hanya lamat-lamat terdengar. Striker kelahiran 5 Desember 1995 itu kini masuk dalam skuat Prancis untuk Euro 2016. Absennya Karim Benzema disebut-sebut sebagai salah satu “keuntungan” untuk Martial.

Menurut BBC, gaya bermain Martial mirip dengan Thierry Henry. Bermodalkan kecepatan lari dan teknik yang dimilikinya, Martial bisa berada di posisi sayap melebar dan juga berlari lurus ke arah gawang. Disamakan dengan Henry atau tidak, Martial tidak terlalu peduli. Yang penting untuknya adalah ia bisa semakin mengibarkan namanya selama Euro 2016.