Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Ihsan Maulana, Wakil Pertama Tuan Rumah di Babak Semifinal BCA Indonesia Open

By Pipit Puspita Rini - Jumat, 3 Juni 2016 | 17:10 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Ihsan Maulana Mustofa, mengembalikan kok dari pemain Inggris, Rajiv Ouseph, pada babak perempat final BCA Indonesia Superseries Premier 2016 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016). (GARRY ANDREW LOTULUNG/KOMPAS.COM)

Pebulu tangkis tunggal putra Ihsan Maulana Mustofa menjadi wakil pertama Indonesia yang berhasil menembus babak semifinal BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016.

Ihsan harus bermain 54 menit untuk mendapatkan kemenangan 17-21, 21-12, 21-12 atas Rajiv Ouseph (Inggris) pada babak perempat final yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Ihsan lebih banyak tertekan pada gim pertama. Dia hanya empat kali bisa menyamakan poin pada 1-1, 3-3, 5-5, dan 7-7. Ouseph melaju cepat dan memenangi gim ini.

Pada gim kedua, Ihsan kembali tertinggal pada awal hingga 6-10. Namun, Ihsan merespons dengan mencatat tujuh angka beruntun yang membawanya berbalik unggul 13-10.

Ihsan tak lagi terkejar hingga akhirnya memenangi gim kedua. Pertandingan berlanjut ke gim ketiga.

Seperti dua gim sebelumnya, Ihsan kembali tertinggal pada pembukaan gim ketiga atau terakhir. Tertinggal 1-6, Ihsan baru bisa menyamakan posisi pada 7-7.

Pemain 20 tahun ini akhirnya berbalik unggul dan melaju cepat hingga akhirnya memenangi pertandingan.

Ihsan menjadi wakil pertama Indonesia yang berhasil menembus babak semifinal. Dia menunggu lawan untuk dihadapai pada babak ini, antara Wang Zhengming (China) dan Lee Chong Wei (Malaysia).

Indonesia masih punya peluang menambah kekuatan pada babak semifinal lewat Jonatan Christie (tunggal putra) dan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani (ganda putra).