Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kalahkan Tiara/Rizki, Ganda Putri Belanda Tembus Semifinal untuk Kali Pertama

By Diya Farida Purnawangsuni - Jumat, 3 Juni 2016 | 16:32 WIB
Pasangan ganda putri Belanda, Eefje Muskens (depan) dan Selena Piek, saat bertanding melawan wakil Indonesia, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, pada babak perempat final turnamen BCA Indonesia Open Superseries Premier yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (3/6/2016). (KRISTIANTO PURNOMO/KOMPAS.COM)

Prestasi baru diukir pasangan ganda putri Belanda, Eefje Muskens/Selena Piek, pada turnamen BCA Indonesia Open Superseries Premier 2016 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, 30 Mei-5 Juni.

Meraih kemenangan dramatis 10-21, 24-22, 25-23 atas wakil Indonesia, Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta, pada babak perempat final, Jumat (3/6/2016), Muskens/Piek melaju ke semifinal pertama sepanjang karier.

"Laga hari ini cukup sulit karena lawan memulai gim kesatu dengan lebih baik, sementara kami bermain gugup pada gim. Tetapi, kami berhasil membalikkan keadaan pada gim kedua," kata Piek seusai pertandingan.

"Pada gim ketiga, kami saling kejar poin. Kami bermain gugup, tetapi lawan juga demikian. Kemenangan ini cuma masalah keberuntungan saja," ujarnya melanjutkan.

Sejauh ini, prestasi terbaik pasangan ganda putri berperingkat ke-11 dunia itu ialah mencapai babak perempat final, termasuk di turnamen Indonesia Open.

"Ini semifinal pertama selama kami berkarier. Bisa mendapatkannya di sini, di negara yang menggilai bulu tangkis, sangat berarti bagi kami," tutur Muskens seusai pertandingan.

Muskens/Piek pertama kali turun di Indonesia Open pada 2014.

Pada percobaan pertama tersebut, mereka langsung tersingkir pada babak kesatu, kalah dari pasangan China, Ma Jin/Tang Yuanting 14-21, 14-21.

Muskens/Piek kemudian memperbaiki pencapaian mereka di Istora. Tahun lalu, keduanya mampu melangkah sampai ke babak perempat final sebelum dikalahkan wakil China, Tang Jinhua/Tian Qing, 21-16, 14-21, 17-21.