Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Peran Luis Suarez di Copa America 2016 Menurut Cristian Gonzales

By Wisnu Nova Wistowo - Kamis, 2 Juni 2016 | 22:58 WIB
Penyerang Uruguay, Luis Suarez, merayakan gol ke gawang Brasil, pada laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Itaipava Arena, Sabtu (26/3/2016). (CHRISTOPHE SIMON/AFP)

Sebagai pemain yang lahir di tanah Uruguay, striker Arema Cronus, Cristian Gonzales (39 tahun), mendukung penuh kiprah Luis Suarez di Copa America 2016 di Amerika Serikat sejak 4 hingga 27 Juni.

Saat ini, Luis Suarez tengah berusaha secepatnya untuk dapat pulih dari cedera otot paha. Pemain bintang FC Barcelona ini mengalami masalah tersebut saat melakoni pertandingan final Copa del Rey melawan Sevilla pada 22 Mei.

Skuat asuhan Oscar Tabarez tersebut masih berharap Suarez bisa memperkuat Uruguay di Copa America yang berlangsung di Amerika Serikat.

Sesama pesepak bola Uruguay, Cristian Gonzales yakin arti penting kehadiran Luis Suarez di ajang tersebut.  

Baca Juga:

"Jika Suarez bisa bermain di Copa America 2016, pemain Uruguay lain akan lebih termotivasi. Motivasi itu tentu memberikan dampak positif ke permainan tim," kata Gonzales.

"Sebagai orang yang lahir dan pernah membela timnas Uruguay, saya tentu berharap mereka bisa melangkah jauh dan memenangi kejuaraan," ucapnya.

Uruguay tampil sebagai juara Copa America 2011 saat diperkuat Luis Suarez. Bersama Diego Forlan, mereka keluar sebagai kampiun dengan mengalahkan Paraguay di partai final dengan kemenangan 3-0.

Namun, pada Copa America 2015 Uruguay hanya bisa melangkah hingga perempat final ketika tidak bisa diperkuat Luis Suarez.

Di edisi ke-100 Copa America, Uruguay akan bersaing di babak penyisihan Grup C bersama Jamaika, Meksiko, Uruguay, dan Venezuela.