Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Bulan Puasa, Capello Siapkan Program Khusus untuk Persija

By Segaf Abdullah - Kamis, 2 Juni 2016 | 06:09 WIB
Pelatih Fisik Persija Jakarta, Nimrot Manalu, berpose sesuai menggenjot fisik para pemain Persija di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (1/6/2016). (SEGAF ABDULLAH/JUARA.NET)

Pelatih Fisik Persija Jakarta, Nimrot Manalu, sudah menyiapkan program latihan khusus selama Ramadhan. Pelatih yang biasa disapa Capello itu akan melakukan beberapa penyesuaian untuk tetap menjaga kondisi para pemain selama menjalani ibadah puasa.

Nimrot sebetulnya mengatakan tidak banyak yang berbeda dengan latihan-latihan fisik yang dia berikan sebelumnya. Namun, eks pelatih fisik Persibo Bojonegoro itu memang bakal mengurangi porsi latihan yang akan didapatkan Ismed Sofyan dkk.

"Tidak ada perubahan dengan latihan fisik yang akan didapatkan pemain. Tetapi, tim pelatih hanya mengurangi intensitas latihannya saja selama bulan puasa," ucap Nimrot di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (1/6/2016).

Selain itu, Nimrot juga menjelaskan penyesuaian apa saja yang harus dilakukan pemain saat memasuki Ramadhan. Eks pelatih fisik Persiba Balikpapan itu pun dituntut cermat dalam mengatur program latihan pada bulan tersebut.

Baca Juga:

"Pekan awal puasa adalah masa yang paling rawan. Para pemain harus beradaptasi untuk menjalani puasa sekaligus latihan pada sore hari. Memasuki pekan kedua, baru mereka akan terbiasa," katanya.

Beberapa program latihan untuk tetap menjaga performa para pemain Persija telah disiapkan Nimrot. Salah satunya, pendataan pola makan bagi setiap pemain.

"Tim pelatih sangat berhati-hati dalam merumuskan program latihan untuk bulan puasa. Untuk itu, kami juga akan mendata pola makan para pemain agar penampilan mereka di atas lapangan tetap stabil," tuturnya.

Lebih lanjut Nimrot juga menekankan pentingnya modifikasi pemulihan dan istirahat yang berkualitas bagi pasukan Persija. Menurut eks pelatih fisik Persikabo Bogor itu, dua faktor tersebut yang bakal mengoptimalkan kebugaran pemain selama Ramadhan.