Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Nilmaizar Nyatakan Siap Latih Timnas, Tetapi Punya Syarat

By Segaf Abdullah - Rabu, 1 Juni 2016 | 19:29 WIB
Ekspresi pelatih Semen Padang, Nilmaizar saat memberikan pengarahan ke anak asuhnya saat dijamu Persija di SUGBK, Jakarta, Minggu (8/5/2016) malam. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Pelatih Semen Padang, Nilmaizar, masuk dalam bursa kandidat pelatih tim nasional (timnas) Indonesia. Pelatih berusia 46 tahun itu pun mengutarakan kesediannya untuk berkontribusi kembali untuk timnas senior.

Nilmaizar datang memenuhi undangan PSSI untuk melakukan presentasi soal rencana kerjanya apabila resmi ditunjuk sebagai pelatih timnas. Sebelumnya, Nil memang sempat menjadi arsitek skuat Garuda saat berlaga pada Piala AFF 2012 di Singapura.

Nil pun menyatakan kesiapannya andai dia dipercaya untuk melatih timnas yang bakal berlaga pada Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, November mendatang.

Baca juga:

"Saya ini seorang prajurit. Lalu, jika saya dibutuhkan oleh timnas, tidak ada alasan untuk menolaknya," kata Nilmaizar di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (1/6/2016).

Akan tetapi, Nil saat ini masih dalam masa kontrak dengan Semen Padang. Pelatih kelahiran Payukumbuh, Sumatera Barat itu pun mengatakan masih menunggu izin dari manajemen klub berjulukan Kabau Sirah itu jika dirinya yang terpilih sebagai pelatih timnas.

"Sampai saat ini, saya masih terikat kontrak dengan Semen Padang. Jika manajemen memberikan izin, saya akan bersedia untuk melatih timnas. Jika tidak diizinkan, saya juga harus patuh," ucapnya.

Nilmaizar bukan satu-satunya nama yang dicalonkan menjadi pelatih timnas, dua kandidat lainnya yaitu pelatih klub Malaysia, T-Team, Rahmad Darmawan, dan pelatih Bali United, Indra Sjafri.