Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tim AS Dituntut Raih Gelar di Copa America Centenario

By Verdi Hendrawan - Senin, 30 Mei 2016 | 19:02 WIB
Legenda sepak bola Amerika Serikat, Alexi Lalas, dalam acara pengundian grup Copa America Centenario di Hammerstein Ballroom, New York, Amerika Serikat, pada 21 Februari 2016. (ELSA/GETTY IMAGES)

Amerika Serikat berkesempatan menggelar Copa America Centenario pada Juni 2016. Bagi pemain legendaris AS, Alexi Lalas, tim arahan pelatih Juergen Klinsmann itu harus menargetkan diri menjadi juara di ajang tersebut.

Copa America 2016 digelar di Amerika Serikat sebagai perayaan 100 tahun bergulirnya turnamen sepak bola antarnegara terbesar di Amerika Selatan itu.

Jika biasanya turnamen diikuti oleh 12 negara, pada edisi kali ini melibatkan 16 negara peserta yang enam di antaranya merupakan tim undangan.

Kesempatan ini adalah kali keempat bagi Amerika menjadi tim undangan di Copa America setelah sebelumnya berpartisipasi pada 1993, 1995, dan 2007. Prestasi terbaik AS di ajang tersebut adalah posisi empat pada edisi 1995 di Uruguay.

Baca Juga:

Dengan kualitas pemain yang dimiliki AS saat ini dan status sebagai tuan rumah, Alexi Lalas menilai sangat pantas jika negaranya menetapkan target tinggi menantang tim-tim favorit seperti Brasil, Argentina, Uruguay, dan Cile.

"Jika Anda adalah fans AS, Anda harus berharap bahwa tim dan Juergen Klinsmann bisa menjadi penantang gelar Copa America. Klinsmann telah diberi kesempatan, pemain berbakat, kedalaman skuat, ikatan, kekuatan, dan sumber daya yang lebih besar dari pelatih-pelatih lain di dalam sejarah tim nasional pria AS," kata Lalas kepada FOX Sports.

"Sekarang, tidak ada artinya jika tim hanya mampu lolos dari fase grup. AS bisa mengalahkan semua tim yang ada di fase grup dan juga semua tim di dalam turnamen ini," tuturnya.

Pada ajang Copa America Centenario, AS tergabung di dalam Grup A bersama Kolombia, Costa Rika, dan Paraguay.

Pertandingan pertama Tim Paman Sam akan dimulai pada Jumat (3/6/2016) waktu setempat menghadapi Kolombia di Stadion Levi's,  California, Amerika Serikat.