Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Aroma Copa America dalam Final Liga Champions 2016

By Ade Jayadireja - Sabtu, 28 Mei 2016 | 21:25 WIB
Gelandang Real Madrid, James Rodriguez, berdiskusi dengan Karim Benzema dan Marcelo pada sesi latihan Real Madrid di Valdebebas, 12 Desember 2015 (JAVIER SORIANO/AFP)

Aroma Amerika Latin terasa kental dalam final Liga Champions 2015-2016 yang mempertemukan Real Madrid dan Atletico Madrid di San Siro, Milan, Sabtu (28/5/2016).

Sebanyak 12 pesepak bola dari Amerika Latin bakal terlibat pada laga pamungkas di kota mode. Atletico punya 7 pemain, sedangkan Madrid 5.

Duo Uruguay, Diego Godin dan Jose Gimenez, bakal menjadi andalan di jantung pertahanan Atletico. Demikian pula dengan Filipe Luis (Brasil) yang bertugas menyisir sisi kiri pertahanan.

Selain tiga nama yang telah disebutkan, ada pula amunisi dari bangku cadangan macam Luciano Vietto, Angel Correa, Matias Kranevitter, dan Augusto Fernandez.

Baca juga:

Jumlah tersebut belum termasuk pelatih Diego Simeone dan asistennya, Mono Burgos, yang sama-sama berasal dari Argentina.

Sementara itu, Madrid juga punya tiga pilar dari Brasil yang perannya cukup krusial di sektor pertahanan. Mereka adalah Marcelo, Danilo, dan Casemiro.

Sang bintang Kolombia, James Rodriguez, siap mengawal lini tengah Los Blancos. Adapun kesterilan gawang dipercayakan kepada kiper andalan timnas Kosta Rika, Keylor Navas.

Usai pertempuran di Milan, beberapa nama di atas mungkin saja akan kembali bersua dalam turnamen paling bergengsi di Amerika Latin, Copa America Centenario, yang dilangsungkan di Amerika Serikat mulai 3 Juni mendatang.

[video]https://video.kompas.com/e/4905567798001_ackom_pballball[/video]