Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Dua Opsi Kandang Macan Kemayoran

By Segaf Abdullah - Jumat, 27 Mei 2016 | 03:33 WIB
Para pemain Persija jelang laga kontra Persela di SUGBK, Jumat (13/5/2016) malam. (FERNANDO RANDY/BOLA/JUARA.NET)

Persija Jakarta semakin dekat dengan Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Selain itu, Stadion Wibawa Mukti juga masuk sebagai kandidat markas temporer tim berjulukan Macan Kemayoran itu. 

Menjamu PS TNI pada pekan keenam Kejuaraan Sepak Bola Torabika (TSC) 2016, Jumat (10/6/2016), Persija kemungkinan besar tidak lagi menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Bambang Pamungkas Cs. terpaksa pindah kandang karena SUGBK akan direnovasi guna kepentingan Asian Games 2018 yang bakal digelar di Jakarta dan Palembang.

Namun, Manajer Ferry Paulus, masih mengapungkan optimisme timnya tetap dapat menggunakan SUGBK untuk laga tersebut. Pria berusia 52 tahun itu juga mengaku sudah melakukan koordinasi dengan sang lawan, PS TNI.

"Kami masih memiliki keyakinan Persija dapat bermain di SUGBK. Tetapi, saya juga sudah berkomunikasi dengan PS TNI untuk kemungkinan bertanding di Pakansari," ucap Ferry di Plaza Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2016).

Meski begitu, Ferry juga terus berikhtiar agar optimisme tersebut dapat terwujud. Namun, dia pun harus menyatakan jika peluang Persija untuk berkandang di SUGBK masih sangat tipis.

"Ya, kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap berkandang di SUGBK. Meskipun, peluang kami sangat kecil untuk kembali," katanya.

Sementara itu, Persija juga tengah menimbang untuk mencari alternatif stadion selain Pakansari. Stadion Wibawa Mukti, Bekasi yang masuk daftar calon kandang tim asal Jakarta itu.

"Selain Pakansari, kami juga sudah menjalin komunikasi dengan pihak Stadion Wibawa Mukti. Kami juga tidak bermasalah jika harus berbagi kandang dengan Persib Bandung," tutur Ferry.

Selain Persija, Persib juga sedang mencari stadion yang bakal digunakan untuk markas anyarnya. Tim berjulukan Maung Bandung itu harus 'terusir' dari Stadion Si Jalak Harupat yang tengah bersolek untuk pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat.

Fenomena berbagi kandang sebetulnya bukan hal yang tabu di dunia sepak bola. Di Italia misalnya, sudah ada Internazionale FC dan AC Milan yang sama-sama menggunakan Stadion San Siro atau Giuseppe Meazza. Bergeser ke ibu kota Italia, ada AS Roma dan Lazio yang berbarengan menghuni Stadion Olimpico.