Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Copa America Dinilai Lebih Seru daripada Piala Eropa

By Nugyasa Laksamana - Rabu, 25 Mei 2016 | 15:17 WIB
Pelatih tim nasional Amerika Serikat, Juergen Klinsmann, menilai Copa America 2016 bakal lebih menarik ketimbang Piala Eropa 2016. (MARK RALSTON/AFP)

Pelatih tim nasional Amerika Serikat, Juergen Klinsmann, meyakini ajang Copa America 2016 akan jauh lebih seru dan menarik ketimbang turnamen Piala Eropa 2016.

Pada Juni 2016, Copa America dan Piala Eropa  bakal digelar dalam waktu yang hampir bersamaan, yakni hanya berselisih satu pekan.

Copa America 2016 diikuti oleh 16 negara dan diadakan di Amerika Serikat pada 3 Juni. Sementara itu, Piala Eropa 2016 melibatkan 24 tim dan diselenggarakan di Prancis pada 10 Juni.

Baca Juga:

Kedua turnamen tentu memiliki kelebihannya masing-masing. Kendati demikian, Klinsmann yakin bahwa Copa America akan menyajikan laga yang lebih menarik ketimbang Piala Eropa.

Menurut Klinsmann, keunggulan Copa America adalah jumlah peserta yang lebih ramping, sehingga turnamen berjalan lebih kompetitif.

"Jika Anda bandingkan Copa America dan Piala Eropa, Anda bisa melihat kualitas yang lebih baik pada Copa America," ujar Klinsmann.

"Di Eropa, terdapat beberapa tingkatan. Namun, mereka menyelenggarakan turnamen dengan melibatkan hingga 24 tim," kata pria asal Jerman itu.

Selain itu, Copa America tak hanya diikuti sejumlah negara dari zona Conmebol, tetapi juga enam negara dari zona CONCACAF.

"Anda akan melihat Copa America yang istimewa dan dapat bersaing dengan Piala Eropa," ucap Klinsmann.