Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Tiga Pelatih Asing untuk Timnas Indonesia Versi Maman Abdurrahman

By Segaf Abdullah - Rabu, 25 Mei 2016 | 18:15 WIB
Bek senior Maman Abdurrahman dalam sebuah sesi latihan bersama Persija Jakarta di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLA/JUARA.NET)

Bek senior Persija Jakarta, Maman Abdurrahman (34), mengungkapkan harapannya untuk pelatih tim nasional (timnas) Indonesia. Eks pemain Persib Bandung itu menyebut tiga nama pelatih asing yang menurutnya dapat memaksimalkan potensi seorang pemain.

PSSI memang belum menentukan siapa pelatih timnas senior untuk mengikuti Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, November mendatang. Namun, beberapa nama kandidat sudah mulai jadi perbincangan publik.

Maman Abdurrahman menuturkan pelatih timnas harus sudah mengenal karakter pemain Indonesia. Hal itu juga diperlukan demi memaksimalkan waktu persiapan untuk mengikuti turnamen sepak bola antar negara Asia Tenggara yang semakin mepet.

"Seperti yang pernah saya rasakan, ada tiga nama yang layak menjadi pelatih timnas. Mereka yaitu Ivan Kolev, Peter Withe, dan Alfred Riedl."

Bek PersijaMaman Abdurrahman.

"Pelatih timnas harus sudah mengetahui karakter pemain-pemain Indonesia. Jika mencoba pelatih baru yang belum memiliki pengalaman di Indonesia, saya kira itu keputusan yang cukup riskan," kata Maman usai sesi latihan Persija di Lapangan Villa 2000, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (25/5/2016).

Selain itu, Maman juga menanggapi rumor yang menyebutkan bahwa Jacksen F. Tiago bakal ditunjuk sebagai pelatih timnas.

Baca juga:

"Saya pikir Jacksen adalah pelatih yang bagus. Komunikasinya dengan para pemain juga baik. Dia pun rasanya sudah hafal dengan karakter pemain Indonesia," ucapnya.

Lebih lanjut, Maman kembali menegaskan tiga nama pelatih yang menurutnya mampu memaksimalkan kinerja para pemain Indonesia. Eks bek Persijatim Jakarta Timur itu memang sempat menjadi anak asuh ketiganya di timnas.

"Seperti yang pernah saya rasakan, ada tiga nama yang layak menjadi pelatih timnas. Mereka yaitu Ivan Kolev, Peter Withe, dan Alfred Riedl," tutur Maman.

[video]https://players.brightcove.net/4386485688001/5f5050ba-12eb-4380-b837-257aded67fbc_default/index.html?videoId=4908377131001&preload=none[/video]