Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Denmark, Juara Piala Thomas Pertama dari Eropa

By Diya Farida Purnawangsuni - Minggu, 22 Mei 2016 | 17:28 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Denmark, Viktor Axelsen, melakukan selebrasi setelah mengalahkan Tommy Sugiarto (Indonesia), 21-17, 21-18, pada partai pertama babak final Piala Thomas, di Kunshan Sports Center, Kunshan, China, Minggu (22/5/2016). (JOHANNES EISELE/AFP PHOTO)

Tim Denmark mencatat sejarah besar pada Piala Thomas 2016 yang berlangsung di Kunshan Sports Center, 15-22 Mei. Denmark tampil sebagai juara setelah mengalahkan Indonesia 3-2 pada babak final.

Kemenangan ini memastikan Denmark meraih Piala Thomas perdana sepanjang partisipasi mereka. Denmark kini juga tercatat sebagai negara Eropa pertama yang pernah memenangi Piala Thomas.

Perjalanan Denmark naik podium kampiun di Kunshan tahun ini berlangsung mulus.

Sejak babak penyisihan grup, Denmark selalu menang. Berada di Grup D bersama Afrika Selatan, Selandia Baru, dan Taiwan, Viktor Axelsen dkk melewati babak penyisihan grup dengan status juara.

Kemenangan Denmark berlanjut pada babak-babak berikutnya. Pada babak perempat final, Denmark mengalahkan juara bertahan, Jepang, dengan skor 3-2.

Setelah itu, giliran Malaysia yang dikalahkan Denmark. Bertemu pada babak semifinal, Denmark lebih dulu tertinggal 0-2 sebelum akhirnya menang 3-2.

Kemenangan dengan skor serupa diraih Denmark pada laga puncak mereka.

Menghadapi Indonesia, yang notabene merupakan negara dengan gelar juara paling banyak, Denmark tampil sebagai pemenang.

Tiga poin Denmark pada babak final dipersembahkan tiga pemain tunggal mereka yaitu Viktor Axelsen, Jan O Jorgensen, dan Hans-Kristian Vittinghus.

Axelsen mengalahkan Tommy Sugiarto, Jorgensen mengatasi Anthony Ginting, sedangkan Vittinghus menang atas Ihsan Maulana Mustofa.