Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Van Gaal: Tidak Banyak Manajer yang Bisa Seperti Saya

By Verdi Hendrawan - Minggu, 22 Mei 2016 | 09:36 WIB
Manajer Manchester United, Louis van Gaal (kanan) bersama kiper David De Gea saat merayakan keberhasilan tim meraih gelar Piala FA 2015-2016 usai menundukan Crystal Palace di Stadion Wembley, London, Inggris, pada Sabtu (21/5/2016). (PAUL GILHAM/GETTY IMAGES)

Manchester United berhasil meraih gelar Piala FA usai mengalahkan Crystal Palace dengan skor 2-1 di partai puncak, Sabtu (21/5/2016). Kemenangan tersebut membuat Manajer Louis van Gaal merasa sangat bangga karena berpikir tidak banyak pelatih yang bisa memiliki prestasi seperti dirinya.

Man United sempat tertinggal dari Crystal Palace melalui gol Jason Puncheon pada menit ke-78. Namun, keunggulan Yohan Cabaye dkk hanya bertahan tiga menit.

Setan Merah berhasil membalas pada menit ke-81 melalui Juan Mata setelah memanfaatkan bola hasil kontrol dada Marouane Fellaini. Gol tersebut memaksa laga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu 2x15 menit.

Meski sempat bermain dengan 10 orang setelah Cris Smalling mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-105, Setan Merah berhasil keluar sebagai pemenang berkat gol indah Jesse Lingard pada menit ke-110.

Baca Juga:

Van Gaal sangat bangga dengan keberhasilan ini. Selain bisa menjadi pelipur lara atas kegagalan di Premier League, trofi Piala FA ini membuat manajer berusia 64 tahun itu merasa menjadi salah satu pelatih paling berprestasi di dunia.

Hal ini dikarenakan keberhasilan Van Gaal meraih gelar di empat negara berbeda. Sebelumnya, manajer asal Belanda itu pernah meraih gelar di Belanda bersama Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar, Spanyol bersama Barcelona, dan Jerman bersama Bayern Muenchen.  

"Sangat fantastis bisa memenangi gelar ini untuk klub, fans, dan juga bagi saya. Sekarang, saya telah memenangi gelar di empat negara dan tidak banyak manajer bisa melakukan itu," kata Van Gaal kepada BBC.

Selain itu, Van Gaal pun memuji penampilan para pemainnya di sepanjang pertandingan. Dengan fisik yang sedikit terkuras akibat penundaan laga terakhir Premier League, fokus pada pemain United bisa tetap terjaga.

"Dengan 10 pemain, juga setelah kami bermain pada Selasa malam, saya pikir kami sangat layak meraihnya. Sebuah gol (Lingard) yang super kan?" Ucap Van Gaal.

Gelar Piala FA ini juga terasa manis setelah penantian klub sejak 2003-2004 atau selama 12 tahun. Selain itu, gelar ini adalah yang pertama sejak Setan Merah ditinggal Sir Alex Ferguson pada akhir musim 2012-2013.