Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Kemenangan Gim Pertama Jadi Kunci Chong Wei Taklukkan Axelsen

By Weshley Hutagalung - Jumat, 20 Mei 2016 | 19:48 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, mengembalikan kok ke lawannya, Chou Tien Chen (Taiwan) pada laga babak perempat final Piala Thomas yang berlangsung di Kunshan Sports Center, Kunshan, China, Kamis (19/5/2016). (JOHANNES EISELE/AFP PHOTO)

Pemain tunggal pertama Malaysia, Lee Chong Wei, mengakui kemenangan pada gim pertama menjadi kunci keberhasilannya memberikan poin bagi negaranya pada pertandingan semifinal Piala Thomas di Kunshan Sports Center, Jumat (20/5/2016).

Laporan langsung Aloysius Gonsaga Angi Ebo dari Kunshan, China

Lee menang dua gim langsung 23-21, 21-18 atas pemain andalan Denmark, Viktor Axelsen.

Dalam duel berdurasi 54 menit ini, Lee sempat mendapat tekanan besar menjelang berakhirnya gim pertama.

Sudah unggul jauh 18-11, Lee justru kehilangan tujuh poin secara beruntun sehingga Axelsen bisa menyamakan skor menjadi 18-18, yang membuat pertandingan berlangsung sangat menegangkan.

Axelsen, yang kini berada di peringkat keempat dunia, bahkan sempat meraih game point dalam kedudukan 21-20.

Tetapi ketenangan dan mental juara yang dimiliki Lee membuat pemain nomor dua dunia tersebut bisa membalikkan situasi dan akhirnya menang.

"Axelsen adalah salah satu pemain top 5, sehingga pertandingan ini berlangsung sulit meskipun saya selalu menang melawan dia. Mungkin ini karena pertandingan beregu sehingga dia berusaha memberikan yang terbaik. Tetapi, kemenangan pada gim pertama membuat saya lebih percaya diri untuk bermain pada gim kedua dan akhirnya menang," ujar Lee seusai pertandingan.

Soal persiapannya menghadapi Olimpiade bulan Agustus nanti, Lee mengaku masih memiliki waktu.

Sebelum berlaga dalam event yang akan berlangsung di Brasil, Lee masih memiliki jadwal mengikuti beberapa turnamen Super Series.