Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Susunan Tim Thomas Indonesia, Jonatan Christie Jadi Tunggal Pertama

By Aloysius Gonsaga - Jumat, 20 Mei 2016 | 09:48 WIB
Pemain tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengembalikan kok ketika tampil pada partai pertama penentuan juara Grup B Piala Thomas melawan India yang berlangsung di Kunshan Sport Center, Rabu (18/5/2016). (BADMINTON INDONESIA)

Indonesia mengandalkan Jonatan Christie sebagai ujung tombak tim Piala Thomas pada semifinal melawan Korea Selatan di Kunshan Sports Centre, Jumat (20/5/2016).

Laporan langsung Aloysius Gonsaga Angi Ebo dari Kunshan, China

Pemain peringkat ke-19 dunia tersebut akan menghadapi tunggal utama Korea Selatan, Son Wan-ho.

Kondisi Tommy Sugiarto yang tidak bugar menjadi alasan di balik keputusan menempatkan Jonatan sebagai tunggal pertama. Hal ini berarti Indonesia mengandalkan para pemain muda yang bisa menjadi gambaran untuk Piala Thomas dua tahun mendatang.

"Saya bermain dengan rasa sakit. Semoga bisa cepat recovery sehingga apabila dipercayakan untuk bermain pada babak semifinal kondisinya sudah lebih baik," ungkap Tommy, setelah mengalahkan Ng Ka Long Angus pada perempat final, Kamis (19/5/2016).

"Otot paha bagian belakang (hamstring) tertarik saat melawan Tanongsak Saensomboonsuk pada hari Selasa (17/5/2016)," ujar pemain nomor delapan dunia tersebut, yang memiliki catatan dua kali menang dalam lima pertemuan dengan Son Wan-ho.

Pada tunggal kedua, Anthony Ginting menjadi andalan untuk menghadapi Lee Dong-keun. Setelah itu, Ihsan Maulana Mustofa mendapat kepercayaan sebagai tunggal ketiga,yang akan bertemu Jeon Hyeok-jin.

Untuk sektor ganda, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akan bertemu musuh bebuyutannya yang merupakan pasangan nomor satu dunia, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong. Sementara itu, Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi menjadi ganda kedua, yang akan bertemu Kim Gi-jung/Kim Sa-rang.

Korea Selatan melangkah ke semifinal setelah menyingkirkan China. Son Wan-ho membuat kejutan dengan mengalahkan pemain nomor satu dunia, Chen Long. Kemenangan inilah yang menjadi kunci kesuksesan Korea Selatan menapaki babak empat besar.

Susunan pemain semifinal Piala Thomas Indonesia vs Korea Selatan

Tunggal putra 1: Son Wan-ho vs Jonatan Christie
Ganda putra 1: Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
Tunggal putra 2: Lee Dong-keun vs Anthony Ginting
Ganda putra 2: Kim Gi-jung/Kim Sa-rang vs Angga Pratama/Ricky Karanda Suwardi
Tunggal putra 3: Jeon Hyeok-jin vs Ihsan Maulana Mustofa