Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Selama di Italia, Pihak MotoGP Tawarkan Jasa Pengawal kepada Lorenzo dan Marquez

By Verdi Hendrawan - Jumat, 20 Mei 2016 | 11:05 WIB
Pebalap tim Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo (kiri) berbicara dengan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, di sela-sela jumpa pers jelang balapan MotoGP Argentina di Sirkuit Termas De Rio Hondo, Rio Hondo, Argentina, pada 31 Maret 2016. (MIRCO LAZZARI GP/GETTY IMAGES)

MotoGP 2016 memasuki seri keenam yang akan digelar di Sirkuit Mugello, Italia. Atas alasan keamanan, Dorna sebagai penyelenggara MotoGP menawarkan jasa pengawal kepada dua pebalap asal Spanyol, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Hal ini berkaitan dengan perseteruan dua pebalap Spanyol itu dengan idola tuan rumah, Valentino Rossi, yang terjadi sejak musim lalu.

Meski Lorenzo adalah rekan satu tim di Yamaha, pebalap Spanyol itu bersitegang dengan Rossi.

Lorenzo tersinggung dengan perkataan Rossi yang menyebut gelar juara 2015 berhasil didapat berkat bantuan Marquez.

Sedangkan Marquez bersitegang setelah dipandang menghalangi laju motor Rossi dalam beberapa seri musim lalu untuk mengamankan posisi Lorenzo meraih gelar juara.

Puncak dari permasalahan tersebut terjadi di Sirkuit Sepang, Malaysia, di mana Rossi "menendang" motor Marquez hingga terjatuh.

Dengan banyaknya pendukung Rossi dari seluruh Italia yang akan datang ke Mugello untuk memberikan dukungan, hal tersebut dipercaya bisa mengancam keselamatan Lorenzo dan Marquez.

Maka dari itu, Dorna menawarkan jasa pengawal kepada kedua pebalap Spanyol itu.

Hal ini pun telah dibenarkan oleh Lorenzo. Ia pun terlihat dengan senang hati menerima jasa tersebut, meski sempat berpikir tidak membutuhkannya.

"Di paddock, saya tidak tahu apakah hal ini diperlukan. Di luar paddock? Ada banyak orang di Italia, fans, jadi kami tidak tahu bagaimana mereka akan bereaksi," kata Lorenzo kepada Autosport.