Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Granit Xhaka ke London untuk Rampungkan Transfer ke Arsenal?

By Verdi Hendrawan - Jumat, 20 Mei 2016 | 08:34 WIB
Gelandang Swiss, Granit Xhaka, saat memberikan arakan kepada rekan satu timnya dalam pertandingan persahabatan menghadapi Bosnia Herzegovina di Stadion Letzigrund, Zurich, Swiss, pada 29 Maret 2016. (PHILIPP SCHMIDLI/GETTY IMAGES)

Gelandang Borussia Moenchengladbach, Granit Xhaka, saat ini tengah berada di London. Menurut temannya, Artan Muhaxhiri, pemain berusia 23 tahun itu tengah menyelesaikan transfernya bersama Arsenal sebelum fokus bersama tim nasional Swiss di Piala Eropa 2016.

Hal ini diungkapkan Muhaxhiri melalui akun Facebook-nya. Jurnalis asal Albania yang merupakan teman dari Xhaka secara terang-terangan menyebut pemain Swiss berdarah Kosovo itu tengah bernegosiasi dengan Arsenal.


()

Beberapa media Inggris pun membenarkan bahwa Xhaka tengah berunding dengan Arsenal saat ini. Namun, proses transfer tersebut dikabarkan tidak berjalan dengan mulus.

Seperti dikabarkan ESPN, Arsenal hanya mengajukan tawaran transfer yang jauh dari harapan pihak Gladbach sebesar 19,1 juta pound atau 378 miliar rupiah. Klub Bundesliga itu menargetkan bisa menjual Xhaka dengan harga 30,7 juta pounds (610 miliar rupiah).

Namun, The Independent menyebut bahwa The Gunners telah mengajukan tawaran besar kepada Gladbach agar mau melepas Xhaka dengan harga senilai 33,8 juta pounds atau 672 miliar rupiah. Jumlah tersebut sudah melebihi dari harapan Gladbach versi ESPN.

Saat didatangkan dari Basel seharga 8,5 juta euro atau 129 miliar rupiah pada awal musim 2012-2013, Xhaka telah menjadi salah satu andalan utama Gladbach sejak berusia 19 tahun.

Pada musim 2015-2016, Xhaka tampil sebanyak 28 pertandingan Bundesliga dan berhasil mencetak tiga gol. Torehan tersebut adalah yang terbanyak selama membela Gladbach di Bundesliga.