Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Pasangan Korsel Ini Bangga Bisa Singkirkan China

By Aloysius Gonsaga - Jumat, 20 Mei 2016 | 05:44 WIB
Ganda putra Korea Selatan, Kim Gi Jung (kanan) dan Kim Sa Rang, usai menang 21-15, 21-18 atas pasangan China, Li Junhui/Zheng Siwei, pada perempat final Piala Thomas di Kunshan Sports Centre, Kamis (19/5/2016). (ALOYSIUS GONSAGA ANGI EBO/JUARA.net)

Korea Selatan membuat kejuatan besar ketika meraih tiket semifinal Piala Thomas. Mereka menyingkirkan raksasa bulu tangkis dunia, China, dengan skor 3-1 pada pertandingan perempat final di Kunshan Sports Centre, Kamis (19/5/2016).

Laporan langsung Aloysius Gonsaga Angi Ebo dari Kunshan, China

Ganda putra kedua Korea Selatan, Kim Gi-jung/Kim Sa-rang, menjadi penentu keberhasilan negaranya yang untuk pertama kali berhasil menyingkirkan China pada turnamen beregu putra paling bergengsi di dunia ini.

Kemenangan 21-15, 21-18 atas Li Junhui/Zheng Siwei membuat Korea Selatan unggul 3-1 atas tuan rumah, yang kehilangan poin pada dua partai perdana.

Son Wan-ho membuka kemenangan Korea Selatan setelah mengalahkan pemain nomor satu dunia, Chen Long, disusul kemenangan ganda terbaik dunia, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-deong, atas Fu Haifeng/Zhang Nan.

China sempat menjaga asa ketika Lin Dan dengan mudah menang atas tunggal kedua Korea Selatan, Lee Dong-keun, sebelum Kim/Kim mengempaskan ambisi tim Negeri Tirai Bambu tersebut.

Atas keberhasilan negaranya menyingkirkan China, Kim Gi-jung mengaku senang karena mereka sudah meraih tiket semifinal.

Kim Sa-rang bahkan bangga karena kemenangan mereka membuat Korea Selatan mencetak sejarah untuk pertama kalinya menyingkirkan China dari ajang ini.

"Tentu saja kami bahagia karena untuk pertama kalinya menyingkirkan China. Kerja sama tim juga ikut menentukan kami meraih hasil ini," ujar Kim Sa-rang.

Dengan demikian, Korea Selatan menjadi lawan Indonesia pada babak semifinal, yang berlangsung pada Jumat (20/5/2016) pukul 13.00 waktu setempat (12.00 WIB).

Kim Sa-rang tak mau sesumbar, tetapi berjanji tampil all-out demi mencapai final.

"Kami akan berusaha keras seperti yang diperlihatkan saat melawan China. Mari kita lihat apa yang terjadi dalam pertandingan semifinal nanti," ucapnya.