Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Chen Long Merasa Tertekan

By Kamis, 19 Mei 2016 | 20:21 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long, berusaha mengembalikan kok dari Ng Ka Long (Hong Kong) pada babak perempat final Singapura Terbuka di Singapore Indoor Stadium, Jumat (15/4/2016). (MOHD FYROL/AFP PHOTO)

Tunggal pertama China, Chen Long, takluk dari pemain Korea Selatan, Son Wan Ho, pada pertandingan perempat final Piala Thomas di Kunshan Sports Centre, Kamis (19/5/2016). Chen Long kalah 12-21, 21-16, 15-21, yang membuat China tertinggal 0-1.

Laporan langsung Aloysius Gonsaga Angi Ebo dari Kunshan, China

Menurut Chen Long, kekalahan pada gim pertama menjadi awal dari bencana. Dia tidak menunjukkan permainan seperti yang diharapkan, sehingga membuat Son Wan Ho kian percaya diri.

"Hari ini saya bermain buruk pada gim pertama. Kemudian pada gim ketiga, saya tidak berusaha menyerang dan tidak bisa mendapatkan poin dan lawan melakukan serangan balik, yang menempatkan saya pada posisi chaos. Hari ini dia memang lebih baik dari saya," ujar Chen Long usai pertandingan.

Chen Long pun mengakui, pada gim pertama dirinya tidak bisa keluar dari tekanan. Padahal, dia sudah memiliki taktik dan strategi yang harus diterapkan.

"Saya memang bermain tidak bagus pada gim pertama karena banyak kali saya berpikir ingin bermain cepat, efektif tetapi saya justru tertekan sendiri. Saya juga merupakan pemain nomor satu dunia, sehingga banyak pemain yang ingin mengalahkanku," ungkap Chen Long, yang merasa kekalahan ini tak perlu diratapi karena takkan mempengaruhi persiapannya menghadapi Olimpiade, yang berlangsung Agustus nanti.

Dengan kekalahan Chen Long, China berharap ganda utama mereka, Fu Haifeng/Zhang Nan, bisa menyumbang poin. Fu/Zhang bertemu ganda terbaik dunia, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong.