Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

Final Liga Europa Pakai Goal Line Technology

By Rabu, 18 Mei 2016 | 13:30 WIB
Sebuah kamera Hawk Eye digunakan saat demonstrasi di Stadion Toyota, Jepang, 8 Desember 2012. (TOSHIFUMI KITAMURA/AFP)

Sejarah bakal tercipta di laga final Liga Europa, Liverpool vs Sevilla, Rabu (18/5/16), di Stadion St. Jakob Park, Basel, Swiss. UEFA memutuskan memakai goal line technology (GLT).

Laga Liverpool vs Sevilla tersebut menjadi laga pertama sepanjang sejarah dalam kompetisi bentukan UEFA yang menggunakan GLT. 

Sistem yang digunakan adalah sistem Hawk Eye. Sistem ini juga akan digunakan di final Liga Champion dan juga Piala Eropa 2016.

Baca Juga:

GLT akan membantu peran asisten wasit yang beroperasi di belakang garis gawang. Asisten wasit tersebut akan terus memantau seluruh kejadian di dalam dan sekitar area penalti.

"GLT dan asisten wasit bakal saling melengkapi. Melihat GLT kini fokus pada garis gawang, kini asisten wasit di belakang garis gawang bisa fokus memperhatikan kejaridan di area penalti," tutur Kepala Perwasitan UEFA, Pierluigi Collina seperti dikutip UEFA.com.

Sistem Hawk Eye menggunakan tujuh kamera per gawang dengan menggunakan perangkat lunak canggih buat memantau pergerakan bola di area gawang. Bila bola melewati garis gawang secara utuh, sistem Hawk Eye bakal mengirim sinyal ke jam tangan seluruh ofisial laga.

Teknologi ini juga akan digunakan di Liga Champion 2016/17 mulai dari babak play-off.