Terverifikasi Administratif dan Faktual oleh Dewan Pers

James Rodriguez Ingin Main di Barcelona, Bukan Real Madrid

By Ade Jayadireja - Rabu, 18 Mei 2016 | 06:38 WIB
Gelandang Real Madrid, James Rodriguez, selebrasi usai mencetak gol ke gawnag AS Roma pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions, Selasa (8/3/2016) (DENIS DOYLE/GETTY IMAGES)

Saat ini, James Rodriguez memang berstatus bintang Real Madrid. Namun, siapa sangka ternyata sebenarnya ia punya impian bermain di FC Barcelona.

Kisah dimulai ketika James masih memperkuat akademi sepak bola Envigado di negara asalnya, Kolombia. Di klub ini pula ia mengawali karier sebagai pesepak bola profesional.

Usia yang masih belia dan penampilan memukau di atas lapangan membuat James dilirik oleh klub dari berbagai negara, termasuk Spanyol. Namun, saat itu hanya ada satu klub di hati sang pemain, yaitu Barcelona.

"Saya memanggil dia dan mengatakan bahwa ada ketertarikan dari Arab Saudi dan Argentina. Namun, dia menolak," tutur Omar Alberto Suarez, Direktur Teknik Envigado, dikutip AS, Selasa (17/5/2016).

Baca juga:

"James katakan ingin bermain di Barcelona. Dia tidak mau ke Real Madrid, melainkan Barca," kata Suarez lagi.

James meninggalkan Envigado pada 2008. Bukan Barca atau Madrid, gelandang yang kini berusia 24 tahun itu merapat ke Banfield di Liga Argentina.

Enam tahun kemudian, setelah bertualang bersama Porto dan AS Monaco, James akhirnya bergabung dengan Madrid yang notabene adalah rival abadi Barcelona. Ia datang bersama dua bintang lainnya, Toni Kroos dan Keylor Navas.

Sejauh ini, James sudah memainkan 78 laga dan mencetak 25 gol bareng Madrid di semua ajang. Baru dua titel yang sanggup ia persembahkan, yakni Piala Dunia Antarklub dan Piala Super Eropa.

[video]https://video.kompas.com/e/4894952090001_ackom_pballball[/video]